Ambode dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik Tahun Ini

Setahun setelah menjabat, Gubernur Negara Bagian Lagos, Akinwunmi Ambode, dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik Nigeria Tahun 2015/2016, berdasarkan analisis komparatif kinerja gubernur di Nigeria.

Hal ini menurut penelitian yang dilakukan oleh Center for International Advanced and Professional Studies, CIAPS.

Studi yang diberi nama Indeks Kinerja Gubernur CIAPS (CGPI) ini adalah tinjauan kinerja bulanan mengenai apa yang dilakukan para Gubernur di seluruh negeri di kantor mereka dan dilakukan oleh Pusat Studi Lanjutan dan Profesional Internasional (CIAPS) yang berbasis di Lagos.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Pusat, Koordinator CGPI, Bapak Olumuyiwa Ayoola menjelaskan bahwa variabel yang digunakan sebagai indeks kinerja dihitung secara matematis dan variabel akhir tahun ini meliputi “Pembayaran Gaji, Infrastruktur dan Kesehatan, Pendidikan, Keamanan dan Peluang Usaha dan Ketenagakerjaan. “. Menurut Bapak Olumuyiwa Ayoola, kinerja setiap gubernur negara bagian sejak hari pertama menjabat dipantau dan dipelajari dan temuannya dinilai dan dibandingkan dengan kinerja gubernur-gubernur lainnya di seluruh negeri.

Selama setahun terakhir, hasil CGPI menunjukkan bahwa Negara Bagian Kaduna telah mengungguli negara bagian mana pun dalam menciptakan lapangan kerja dan mendorong investasi bisnis. Negara Bagian Lagos telah berbuat lebih banyak dibandingkan negara bagian mana pun dalam hal keamanan dan infrastruktur.

Negara Bagian Sokoto, Kaduna dan Imo dipuji atas upaya mereka dalam bidang pendidikan.

Gubernur Negara Bagian Adamawa dan Bayelsa masih tetap berada di urutan terbawah karena semuanya berada di posisi terbawah dengan skor tidak lebih dari 39%.
Mengomentari laporan CGPI, Direktur Pusat CIAPS dan Ketua CGPI Prof Anthony Kila mengatakan bahwa “CGPI adalah alat yang berguna untuk demokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik karena memungkinkan pemerintah untuk diukur secara objektif dibandingkan dengan negara-negara lain dan memaksa semua pihak yang berkuasa untuk sadar akan akuntabilitas. ”.

Variabel yang digunakan untuk mengukur kinerja Gubernur bulan ini setelah satu tahun menjabat adalah faktor terbatasnya kewenangan Gubernur Negara Bagian serta apa yang dapat mereka lakukan.

Lebih lanjut Kila menjelaskan, ia berharap laporan bulanan CGPI dapat membuat para gubernur dapat bangkit, meningkatkan kinerjanya selama masa jabatannya, dan bahkan terlibat dalam persaingan yang sehat di antara mereka sendiri demi kepentingan negara bagiannya dan negara secara keseluruhan. Ia menyarankan agar para gubernur menganggap tindakan mereka sebagai tindakan yang lemah untuk menyingsingkan lengan baju dan memperbaiki pemerintahan daripada terlibat dalam perang media atau berbicara dengan para pengamat.

Laporan lengkap mengenai peringkat gubernur Nigeria dapat dilihat di situs web CGPI www.cgpi.com.ng


game slot online

By gacor88