Anda tidak mengerti, Biafra bukan untuk Igbos saja – IPOB menanggapi mantan gubernur, Obong Attah

Masyarakat Adat Biafra, IPOB, menyatakan tetap teguh memperjuangkan terwujudnya Biafra, seraya menambahkan bahwa Biafra bukan untuk masyarakat Igbo saja.

Tuduhan tersebut disampaikan IPOB ketika menanggapi komentar mantan Gubernur Negara Bagian Akwa Ibom, Obong Victor Attah, yang baru-baru ini mengatakan Biafra hanya untuk Ndigbos.

Kelompok separatis tersebut dalam pernyataan bertajuk, “Obong Victor Attah, siapakah Philip Effiong jika Biafra untuk Igbo saja,” melalui juru bicaranya, Dr. Clifford Iroanya dan Tn. Emma Mmezu, sambil menggambarkan mantan gubernur Akwa Ibom sebagai orang yang “tidak mengerti”, mendesaknya untuk meneliti peran yang dimainkan oleh Philip Effiong, yang berasal dari negara bagiannya, selama perang Biafra.

Menurut IPOB, “Beberapa sesepuh di negeri Biafra telah menjadi orang paling bodoh di dunia dan ini lebih berlaku bagi orang-orang yang dianggap terpelajar seperti mantan gubernur Negara Bagian Akwa Ibom, Obong Victor Attah yang mengajukan keberatan minggu lalu. menentang pernyataan Presiden Muhammadu Buhari bahwa persatuan Nigeria tidak bisa dinegosiasikan.

“Meskipun kami secara umum memuji Obong Attah atas tanggapannya kepada Presiden Buhari bahwa persatuan Nigeria dapat dinegosiasikan, sayangnya beberapa hari kemudian kami membaca orang yang sama mengoceh dan mengatakan bahwa Biafra hanya untuk Igbo saja. Jadi, kami mulai mengajukan pertanyaan kritis pada diri kami sendiri tentang pernyataan yang datang dari orang yang sangat kami hormati ini.

“Kami terpaksa bertanya apakah Obong Victor Attah tidak memiliki pengetahuan dan sejarah lengkap tentang perang saudara Biafra, atau dia tidak tahu siapa yang dipanggil Jenderal Philip Effiong, orang kedua di Komando Biafran setelah Jenderal Odumegwu Ojukwu, yang kebetulan berasal dari datang ke keadaan yang sama. bersamanya, Akwa Ibom.

“Dengan segala hormat, Biafra bukan untuk Igbo saja, melainkan Igbo adalah salah satu suku yang membentuk Biafra. Jika Anda melupakan sejarah, Yang Mulia Kepala Frank Opigo Dawai 111, Amananaowei dari Angiama, seorang negarawan tua, politisi, pendidik, dermawan dan lulusan tahun 1953, administrator provinsi Biafra Yenegoa dan Komisaris Pembangunan Pedesaan pada tahun 1967. .

Ketua Opigo dalam pertemuan yang diadakan oleh mendiang Chukwuemeka Odumegwu Ojukwu bernama “BIAFRA. Dia memberi nama Biafra, setelah Busur Biafra sekarang Bonny dan para tetua Timur lama lainnya dalam pertemuan itu termasuk Jenderal Odimegwu Ojukwu mengadopsi nama itu”.

“Sesungguhnya catatan sejarah Biafra tidak akan lengkap jika pemuda Ijaw agung ini tidak disebutkan atau dikenang. Pak Anda juga lupa bahwa pada saat Ojukwu mendeklarasikan Biafra, dia adalah Gubernur Wilayah Timur yang meliputi negara bagian Rivers, Bayelsa, Akwa Ibom dan Cross River, Sungai Tua dan Sungai Lintas Tua sudah diciptakan oleh Gowon.

“Dengan kata lain, Biafra terdiri dari negara bagian Abia, Akwa Ibom, Anambra, Bayelsa, Cross River, Delta, Ebonyi, Enugu, Imo dan Rivers. Pak, pernyataan Anda bahwa Biafra hanya untuk suku Igbo tidak ada artinya dan kami bertanya-tanya apakah Anda tidak dilahirkan sebelum perang.

“Tuan, Anda terlalu cepat lupa bahwa Phillip Effiong yang berasal dari Akangkang Ibiono Ibom di Negara Bagian Akwa Ibom, seorang Kepala Staf dan di sebelah Kepala Negara Jenderal Ojukwu, sampai detik-detik terakhir perang untuk membela rakyatnya bertempur. , Jenderal Ojukwu menyerahkan kekuasaan kepada Jenderal Effiong dan berangkat ke Pantai Gading. Effiong kemudian menjadi kepala negara baru Biafra hingga kematiannya.

“Mulai saat ini kami selalu bersatu, lebih kuat dari sebelumnya, lebih bertekad, kami tidak akan pernah memberikan ruang dan tidak akan menoleransi siapa pun yang akan menghasut taktik perpecahan dan penaklukan yang digunakan oleh musuh-musuh kami dan kami akan tetap tidak takut di hadapan siapa pun yang menentang. sebagai musuh bagi pemulihan negara kita tercinta Biafra, dan kami berharap Pak Anda tidak menjadi salah satu dari orang-orang yang kami bicarakan”.


Pengeluaran SGP hari Ini

By gacor88