Bagaimana mengakhiri krisis di wilayah Delta Niger – Raja memberi tahu FG

Raja Negara Bagian Pesisir Delta Niger pada hari Kamis memberikan enam syarat bagi Pemerintah Federal untuk mencapai dan mempertahankan perdamaian di wilayah tersebut.

Kepala Williston Okirika, Bolowei dari Kerajaan Gbaramatu, membacakan ketentuan tersebut atas nama para kepala suku ketika mereka mengunjungi Menteri Negara Sumber Daya Perminyakan, Dr Ibe kachikwu, pada hari Kamis.

“Kami ingin mengatakan di sini bahwa Pemerintah Federal adalah hal yang mendesak untuk menunjuk atau membentuk Tim Dialog Pemerintah Federal.

“Bebaskan 10 anak sekolah tak berdosa yang ditangkap oleh Tentara Nigeria di Oporoza pada tanggal 28 Mei dan lainnya ditahan atas tuduhan palsu.

“Kembalinya Pedang Emas, menjadi simbol kewibawaan lembaga adat Gbaramato,” ujarnya.

Syarat lainnya, kata dia, antara lain pengembalian tiga speedboat dewan tradisional dalam tahanan Angkatan Darat Nigeria.

Ia menambahkan, harus ada penghentian permusuhan yang dilakukan oleh militer di wilayah Delta Niger.

“Sama pentingnya, Pemerintah Federal harus membuat pernyataan kategoris tentang pembukaan Universitas Maritim- Okerenkoko, Delta, untuk kegiatan akademik pada sesi 2016/2017,” ujarnya.

Dia meyakinkan bahwa para raja akan terus mendukung setiap upaya yang akan membantu mewujudkan perdamaian dan kewarasan di wilayah tersebut.

Sebagai tanggapan, kachikwu memuji kunjungan para raja dan mengatakan bahwa pemulihan perdamaian di wilayah tersebut sangat penting.

Dia mengatakan gencatan senjata yang diumumkan oleh Niger Delta Avengers merupakan perkembangan yang disambut baik, dan menambahkan bahwa segala upaya harus dilakukan untuk mempertahankannya.

Dia mengatakan sangat disayangkan setelah pengumuman tersebut terdengar bahwa pipa di komunitas Nembe telah dirusak dan negara telah kehilangan sekitar 150 barel minyak dan sejumlah besar gas.

“Ketidakmampuan untuk berdiri teguh ini menciptakan intervensi militer karena pemerintah tidak bisa hanya berdiam diri dan menyaksikan penurunan produksi.

“Presiden menunjukkan banyak kesabaran dan percaya bahwa melibatkan masyarakat adalah model terbaik.

“Anda harus terus menjangkau pihak-pihak lain untuk memastikan gencatan senjata total karena ketika produksi menurun, hal ini berdampak pada kedua negara untuk menanggung beban keuangan,” katanya.

Kachikwu mengatakan pemerintah federal telah menghabiskan sekitar 40 miliar dolar dalam 10 tahun terakhir untuk merehabilitasi wilayah tersebut.

Dia mengatakan bahwa uang itu harus digunakan dengan cara yang benar untuk memastikan pembangunan.

Dia mendesak masyarakat dan para pemimpin kerajaan untuk memastikan bahwa uang disalurkan dengan cara yang benar untuk wilayah tersebut.

Ia mengatakan, pemerintah siap untuk selalu mendukung laju positif bagi wilayah tersebut karena wilayah tersebut telah kehilangan 50 persen pendapatannya akibat anjloknya harga minyak dan diperburuk oleh aktivitas militan.

Saat ini produksi mengalami penurunan dari 1,6 juta barel per hari menjadi 1,4 juta; dapat menghasilkan diskon 60 persen dalam menghasilkan pendapatan.

“Orang-orang yang paling menderita akibat militansi adalah Delta Niger, waktunya telah tiba untuk terlibat dalam dialog yang solid dan setiap orang mempunyai peran yang harus dimainkan.

“Gencatan senjata harus tetap dilakukan agar militer dapat menghentikan campur tangan, kita harus menemukan cara positif untuk menyelesaikan masalah di kawasan ini,” katanya.

DI DALAM


pragmatic play

By gacor88