Beberapa perwira senior militer Yoruba, Hausa berencana untuk menggulingkan militan Buhari – Delta Niger

Kelompok militan Delta Niger di bawah naungan Pasukan Pembebasan Delta Niger Gabungan, JNDLF, menuduh beberapa perwira militer senior dari ekstraksi Yoruba dan Hausa berencana untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Muhammadu Buhari melalui kudeta.

Kelompok tersebut mengklaim bahwa komplotan kudeta bermaksud mencapai rencana mereka melalui kerusuhan sipil dan serangan yang sedang berlangsung terhadap instalasi minyak di wilayah Delta Niger.

JNDLF, yang baru-baru ini mengancam akan melancarkan serangan rudal, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah dihubungi untuk melaksanakan rencana jahat tersebut tetapi menolak.

Pernyataan tersebut ditandatangani oleh orang-orang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai ‘Jenderal’ Torunanaowei Latei (Koordinator Jaringan Sungai); ‘Jenderal’ Agbakakuro Owei-Tauro (Toko Bunga Pipa); ‘Jenderal’ Akotebe Darikoro (Panglima, Tugas Umum) dan ‘Jenderal’ Pulokiri Ebikade (Biro Intelijen).

Pernyataan itu berbunyi: “Kami terpaksa membiarkan masalah ini keluar dari kantong hari ini bahwa Presiden Mohammadu Buhari harus berhati-hati mengenai keamanan negara ini karena beberapa orang militer bergerak untuk menggulingkannya dari kekuasaan melalui kerusuhan sipil di negara ini untuk bangkit.

“Beberapa petinggi militer melalui agen sipil mereka telah mendekati kami untuk menyebabkan vandalisme terhadap jaringan pipa minyak dan gas di wilayah Delta Niger dan terus menggunakannya sebagai alasan untuk mengalihkan pemerintahan dari demokrasi ke pemerintahan militer di negara tersebut.

“Kami telah mengatakan tidak karena rencana tersebut tidak akan berhasil dan tidak sesuai dengan keinginan tulus kami untuk melakukan agitasi. Tentara sekarang ingin mempermalukannya dan membuatnya segera menyelidiki permasalahan tersebut dan membuat keputusan bahwa pemerintahannya harus damai.

“Kami menerima beberapa panggilan tak dikenal yang membujuk kami untuk melanjutkan pengeboman dan bahwa ketika kami berhasil menggulingkan pemerintah, kami akan ditempatkan pada posisi yang lebih baik, kami berkata TIDAK!

“Kalau ditanya namanya, levelnya di atas mayor jenderal. Mereka menolak menyebutkan nama mereka, namun intonasinya mirip Yoruba dan Hausa. Agitasi kami bukan untuk kepentingan egois namun demi kepentingan keseluruhan kawasan Delta Niger.

“Kami tidak akan menculik, membunuh, atau menyandera siapa pun dari ekspatriat mana pun di negara ini, namun kami akan melanjutkan dengan tekad yang jelas untuk mewujudkan tujuan kami di Nigeria.

“Kami percaya rencana jahat mereka karena ada gencatan senjata di wilayah tersebut untuk berdialog, namun sejak itu sikap dan tindakan para kepala dinas menunjukkan bahwa rencana tersebut dapat berhasil bagi mereka.”


slot gacor hari ini

By gacor88