Boko Haram Membunuh Sepupu CDS Saat Tentara Mengonfirmasi 3 Perwira, 16 Tentara Hilang

Tentara Nigeria pada hari Jumat mengatakan 16 tentara hilang setelah operasi pembersihan sisa-sisa teroris Boko Haram di desa Gongon di wilayah umum Alagarno di negara bagian Borno.

Mayor Jenderal Lucky Irabor, komandan teater Operasi Lafiya Dole, mengatakan hal ini saat memberikan pengarahan kepada wartawan di Maiduguri, ibu kota negara bagian Borno.

Irabor menambahkan, 16 tentara dan tiga anggota JTF sipil juga terluka dalam operasi tersebut.

Ia berkata, “Pada tanggal 20 Juli, pasukan bersama beberapa warga sipil JTF melakukan operasi pembersihan di desa Gongon di wilayah umum Alagarno.

“Pasukan sendiri menghancurkan kamp Boko Haram dan menyita sebuah truk senjata dengan senjata anti-pesawat, sebuah tabung RPG, senapan mesin ringan, tiga senapan AK-47 dan barang-barang logistik lainnya dari para teroris.

Namun, ketika pasukannya kembali ke posisi bertahan, mereka disergap oleh teroris yang datang untuk memperkuat rekan-rekan mereka yang melarikan diri.

“’Tentara melawan dan membunuh banyak dari mereka; sayangnya 16 tentara dan tiga JTF Sipil terluka dalam aksi tersebut; beberapa lainnya, termasuk komandan, hilang dalam tugas.

“Regu pencari telah dikirim; sejauh ini enam tentara dan empat JTF Sipil telah bergabung kembali dengan unit tersebut, korban luka dalam keadaan stabil dan dapat menerima perawatan.

“Saat ini masih ada tiga perwira dan 16 tentara yang hilang.”

Namun, Irabor mengatakan militer telah mencapai keberhasilan dalam aspek lain operasinya melawan teroris Boko Haram.

Irabor mengatakan bahwa beberapa operasi besar yang sukses termasuk operasi pembersihan di Wilayah Pemerintah Daerah Mafa.

Dia berkata: “Pada tanggal 25 Juni, pasukannya di Zabamari bekerja sama dengan JTF Sipil melakukan operasi pembersihan di Masu Yiwa, Ladin Buta, Fazaka, Kesa Gala, Tabla, Fahinde, Shiroro, Gizina, Maska-Aribe dan Maska Lawanti di Mafa LGA

“Di Maska Lawanti, tentara menghadapi teroris selama operasi tetapi berhasil membersihkan daerah tersebut.

Akibatnya, dua teroris tewas dan dua lainnya luka-luka, banyak yang melarikan diri dengan luka tembak dan dua sepeda motor juga hancur.

Irabor mengatakan seorang anggota JTF Sipil tewas dalam operasi tersebut, sementara seorang tentara dan seorang polisi terluka dalam aksi tersebut.

Irabor mengatakan tentara juga kehilangan seorang perwira, sepupu Kepala Staf Pertahanan, Jenderal Gabriel Olonisakin, dalam serangan teroris di Kangarwa.

Dia mengatakan pasukan diserang oleh Boko Haram pada 12 Juli sekitar pukul 18:45 ketika mereka sedang mengkonsolidasikan pertahanan mereka di tempat tersebut.

Irabor mengatakan pasukannya bertempur dengan gagah berani, membunuh 25 teroris dan menyita dua tabung RPG, satu tabung Mortal 60mm, dua MG, 12 senapan AK 47 dan satu LMG.

Dia menambahkan: “Keesokan harinya, selama eksploitasi, tiga mayat teroris lainnya ditemukan bersama dengan peralatan lainnya.

“Namun sayangnya, kami kehilangan seorang perwira dan seorang tentara, sementara 11 lainnya luka-luka.

“Semua korban luka telah stabil, dan lima di antaranya sudah kembali ke garis depan setelah mendapat perawatan.”


link sbobet

By gacor88