EFCC berjuang keras melawan Badeh, Amosu;  menyita 29 properti milik tiga mantan panglima angkatan udara

Komisi Kejahatan Ekonomi dan Keuangan, EFCC, telah menyita 29 properti mantan Kepala Staf Udara, Marsekal Udara Adesola Amosu; mantan Head of Accounts and Budget di NAF, Marsekal Muda Udara Jacob Adigun (purn.); dan mantan Direktur Keuangan dan Anggaran, Komodor Udara Olugbenga Gbadebo (purn.).

11 properti dari Amosu, 12 dari Adigun dan enam dari Gbadebo disita.

Menurut Punch, properti yang disita termasuk tiga plaza, enam rumah besar, tambang, rumah sakit, blok apartemen, peternakan hewan, sekolah, dua hotel, beberapa bangunan yang belum selesai, dan beberapa bidang tanah.

Laporan itu mengatakan properti ini sebagian besar diperoleh pada tahun 2014.

Properti yang disita dari Adigun dikatakan bernilai N9,6 miliar.

Beberapa properti termasuk pusat perbelanjaan yang dikenal sebagai Capadar Plaza di Adetokunbo Ademola Crescent, Wuse 2, yang bernilai N980m; rumah hunian di Lake Chad Street, Maitama, Abuja, senilai N450m; sebuah mansion eksekutif di Imo River Close, Off Dandube Crescent, Maitama, seharga N710m dan teras empat unit di Jalan Agadez, Off Aminu Kano Crescent, Wuse 2, senilai N720m.

Properti lain, yang dikatakan milik Adigun, termasuk hotel dengan 35 kamar yang belum selesai di Jalan Salt Lake, Maitama, Abuja; sebidang tanah yang terletak di Bourdillon Street, Ikoyi, Lagos; sebuah blok dari 12 apartemen layanan, yang terletak di Jalan Agodogba, Park View Estate, Ikoyi, dikatakan bernilai N1,8 miliar dan sebuah tambang di daerah Bwari di Abuja bernilai sekitar $694.000.

Sebuah sumber mengisyaratkan bahwa “Adigun menghabiskan sebagian besar uangnya sendiri untuk membeli properti sehingga kami tidak mendapatkan banyak uang darinya. Namun, Amosu mengembalikan lebih dari N2,3 miliar dan mengumpulkan dua wesel bank.”

Dia menambahkan, beberapa properti yang disita Amosu termasuk sebuah rumah di Jalan Adeyemo Alakija, Pulau Victoria, Lagos, senilai N250m; dupleks di House 11, Peace Court Estate, GRA, Ikeja, Lagos, senilai N110m; Properti N40m yang terletak di NAF Harmony Estate, Pangkalan Asokoro dan rumah dengan lima kamar tidur di Valley NAF Estate, Port Harcourt, senilai N33m.

Lainnya termasuk rumah sakit di Adeniyi Jones Avenue, Ikeja, yang dikenal sebagai St. Rumah Sakit Solomon dengan peralatan senilai $2,15 juta dan rumah N95 juta di Jalan Umaru Dikko, Jabi, Abuja.

Properti yang disita dari Gbadebo termasuk peternakan ikan senilai N10m; Peternakan unggas N20m, terletak di Musa Close, Oyibo Ayobu, Lagos dan sekolah yang dikenal sebagai Sekolah Internasional Bloomsville, Divine Estate, Isheri-Olofin, di luar Lagos-Ibadan Expressway.

Ketiga tersangka akan diperiksa oleh KPK pekan ini.

Pensiunan perwira militer dituduh mengalihkan dana publik sebesar N21.467.674.707,43 pada tahun 2014.

Orang lain yang didakwa dengan terdakwa adalah Delfina Oil and Gas Limited, McCallan Oil and Gas Limited, Hebron Housing and Properties Company Limited, Trapezites BDC, Funds and Pricey Limited, Degree Oil and Gas Limited, Timsegg Investment Limited dan Solomon Healthcare Limited.


slot gacor hari ini

By gacor88