FG menegaskan kepemilikan Lagos atas empat sumur minyak, saling bertentangan

Pemerintah Federal pada hari Rabu menyetujui empat dari lima sumur minyak yang ditemukan di Lagos sebagai milik negara, namun menolak kepemilikan negara atas satu sumur minyak lainnya, yang dikatakan memiliki kedalaman lebih dari 200 meter isobath dan tidak dimiliki secara sah oleh negara. Negara Bagian Lagos bukan miliknya.

Delegasi Komite Indeks dan Pencairan dari Alokasi Mobilisasi Pendapatan dan Komisi Fiskal, RMAFC, yang dipimpin oleh ketuanya, Alhaji Aliyu Mohammed, menyatakan hal tersebut saat berkunjung ke gubernur negara bagian, Akinwunmi Ambode, dengan tujuan untuk meningkatkan minyak mentah dan gas. produksi untuk memverifikasi sumur Minyak Aje untuk keperluan pencairan dana pengalihan 13 persen kepada negara sesuai dengan Konstitusi.

Mohammed menjelaskan bahwa sebagai bagian dari prosedur dan mandat konstitusi, komisi membentuk Panitia Teknis antarlembaga yang terdiri dari komisi, Departemen Sumber Daya Minyak, DPR, Kantor Surveyor Jenderal Federasi, dan Kantor Surveyor Jenderal Federasi. perbatasan negara. Komisi untuk menentukan lokasi sumur minyak Aje.

Menurutnya, panitia teknis merekomendasikan untuk tujuan derivasi sebagaimana diatur dalam Pasal 162 (2) UUD 1999 (sebagaimana diubah) serta ketentuan Undang-undang Alokasi Pendapatan tahun 2004, sumber minyak Aje 1, 2, 4 dan 5 termasuk dalam isobath 200m dan oleh karena itu harus dikaitkan dengan Negara Bagian Lagos.

“Oleh karena itu, komisi dan anggota Komite Antar Lembaga harus melakukan kunjungan kerja ini untuk menyelesaikan prosesnya. Harap dicatat bahwa sumur minyak Aje 3 berada di luar isobath 200m dan oleh karena itu secara hukum tidak dapat dikaitkan dengan Negara Bagian Lagos,” katanya.

Ketua komite menambahkan bahwa dimulainya produksi minyak dari ladang minyak Aje oleh Yinka Folawiyo Petroleum Company Limited merupakan pertama kalinya minyak diproduksi di luar cekungan Delta Niger dan oleh karena itu sangat penting dalam diversifikasi sumber produksi minyak mentah dan gas. di negara.

Dalam sambutannya, Ambode menggambarkan kunjungan tersebut sebagai kunjungan bersejarah dan akan dicatat dalam catatan sejarah Negara Bagian Lagos karena kunjungan tersebut merupakan langkah resmi yang akan membawa Lagos ke tujuan akhir sebagai negara penghasil minyak.

“Kami sangat senang menerima delegasi ini. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Federal, khususnya Presiden Muhammadu Buhari, yang telah mewujudkan hal ini dengan sangat cepat. Saya ingin mengatakan bahwa ini adalah tindakan tercepat yang diambil oleh RMAFC sejak saya mengenal Komisi.

“Saya dulunya mantan Akuntan Jenderal, jadi saya banyak berurusan dan menjalin hubungan dengan lembaga bernama RMAFC. Dalam kurun waktu sekitar 60 hari setelah kami menulis surat, dan bahkan sebelum kami menulis surat, panitia teknis ini sebenarnya sudah terbentuk. Saya senang untuk mengatakan bahwa lembaga ini bekerja dan bekerja demi kebaikan Nigeria,” katanya.

Sambil memuji DPR dan komisi perbatasan, Ambode mengatakan penemuan sumur minyak di Lagos merupakan hal yang penting dan akan menjadi produksi minyak pertama di luar Delta Niger.

Kata-katanya, “Ini penting bagi Nigeria, penting bagi Lagos, ini berarti bahwa keseluruhan jalan menuju diversifikasi adalah apa yang kita saksikan saat ini. Kami juga akan mendorong negara-negara lain dalam hal sumber daya mineral lainnya, tidak harus bergantung pada minyak mentah; apa pun yang memungkinkan negara untuk mulai mengaktifkan cadangan mineralnya, hal ini akan memungkinkan kita untuk memperluas pendapatan yang dihasilkan secara internal.

“Hal ini juga akan membuat kita bergantung pada pendapatan sehingga akan ada pertumbuhan yang merata di seluruh pelosok Nigeria. Ada yang senang bahwa RMAFC telah mengambil langkah ini dan juga mengatakan bahwa mereka juga harus mendorong negara-negara lain untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang akan memungkinkan mereka untuk mengembangkan deposit mineral apa pun yang kita miliki di berbagai negara bagian bekerja sama dengan Pemerintah Federal untuk mengaktifkannya, jadi bahwa kita dapat mulai mendiversifikasi pendapatan dan pertumbuhan dan kemudian menciptakan pertumbuhan dan pembangunan yang seimbang untuk seluruh negara.”


SGP Prize

By gacor88