Godwin Onyecholem: Apakah ini perubahan yang dipilih oleh masyarakat Nigeria?

Dalam menghadapi pemerintahan yang buruk selama hampir dua dekade di bawah pemerintahan PDP, seruan untuk melakukan perubahan oleh sebagian besar masyarakat Nigeria diperkirakan akan sangat keras. Oleh karena itu, artikel ini merupakan tanggapan terhadap Garba Shehu, Asisten Khusus Senior Presiden bidang Media dan Publisitas, yang memang memegang hak cipta bagian pertama dari judul artikel ini yang telah saya modifikasi sedikit – seperti yang dapat dilihat dalam pembelaannya yang terbaru. pemerintahan APC Presiden Muhammadu Buhari.
Setelah 15 bulan yang penuh liku-liku dalam kehidupan pemerintahan saat ini, sebuah periode yang sebagian besar dimediasi oleh meningkatnya kritik di tengah kegelisahan yang terus-menerus akan berkurangnya ekspektasi, Shehu, seorang pria yang tidak pernah bisa Anda tuduh ceroboh, dimaksudkan untuk menjadi penyelamat. dengan permintaan maaf yang dipublikasikan secara luas berjudul, “Apakah ini perubahan yang kita pilih? Ya, benar.” Dan dalam upaya penuh semangat untuk menyampaikan pesannya, Shehu memberikan pertanyaan sekaligus jawabannya. Mengingat posisinya saat ini sebagai presiden, sulit untuk menyalahkan presentasinya yang tegas. Namun, dengan segala hormat kepadanya, saya memiliki pandangan yang berbeda: meskipun masyarakat Nigeria percaya pada Buhari dan memang secara besar-besaran mendukung perubahan, saya bermaksud untuk menunjukkan bahwa apa yang telah dicapai sejauh ini secara nyata tidaklah terlihat seperti masyarakat Nigeria yang berubah yang memilih. untuk disampaikan oleh Buhari.
Namun, ada beberapa hal yang cenderung disetujui oleh Shehu, terutama mengenai apa yang telah dilakukan pemerintahan ini terkait keamanan dan korupsi.
Suatu saat di bulan November 2010, teman dan kolega saya dari majalah Tell di awal tahun 90an, Segun Adeleke, dan saya mewawancarai Buhari, yang saat itu merupakan calon presiden Kongres untuk Perubahan Progresif, CPC, di salah satu rangkaian acara yang diadakan di Hotel Transcorp, Abuja. Wawancara bertajuk, “Segera uang tidak akan cukup untuk dicuri”, merupakan cerita sampul GIRAFFE (Vol. 1 No. 2 November 2010), majalah bulanan yang kami terbitkan sebentar. Saat itu, sudah jelas bahwa prioritas Buhari adalah keamanan, korupsi, dan ketidakdisiplinan.
Dengarkan apa yang dia katakan ketika ditanya arah apa yang akan dia ambil di Nigeria jika terpilih sebagai presiden pada pemilu tahun 2011: “Ada dua bidang. Salah satunya adalah keamanan. Negara ini sangat tidak aman. Tidak ada investor serius yang bisa membawa uangnya ke sini untuk membangun pabrik, bekerja dan menyediakan barang dan jasa ketika tidak ada listrik, tidak ada jalan, tidak ada air. Lihatlah apa yang diperoleh negara ini dalam 10-11 tahun terakhir dan lihatlah kondisi infrastruktur di negara ini. Korupsi bertanggung jawab atas hal tersebut. Seluruh dunia mengetahuinya. Kami mengatakannya. Kami masih tidak akan memberikan toleransi terhadap korupsi dan ketidakdisiplinan.”
Meskipun negara ini terus menghadapi tantangan keamanan dalam bentuk ancaman yang meluas terhadap para penggembala, penculikan untuk mendapatkan uang tebusan, meningkatnya kerusuhan etnis dan kembali terjadinya pemboman di wilayah selatan, tidak ada penilai jujur ​​yang akan menyangkal bahwa Buhari telah mengatasi masalah ini dengan tekun, terutama melalui ancaman yang sejauh ini dibatasi oleh ancaman-ancaman yang ada. Boko Haram. pemberontak yang beroperasi dari wilayah timur laut. Namun, ada satu wilayah abu-abu yang masih menjadi persoalan gadis-gadis Chibok yang telah ditahan Boko Haram selama lebih dari dua tahun. Anda mungkin mengira bahwa saat ini, dengan satu atau lain cara, kita sudah bisa mencapai kesimpulan mengenai masalah ini. Namun secara keseluruhan, kinerja pemerintahan saat ini jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya dalam hal keamanan.
Tujuan yang sama juga diterapkan dalam pemberantasan korupsi, meskipun masih ada keraguan. Semua orang yang menjarah uang yang dimaksudkan untuk membeli senjata bagi tentara diidentifikasi dan dimintai pertanggungjawaban. Dalam banyak kasus, dana tersebut dikembalikan sementara ada juga kasus pengadilan yang membawa pelakunya ke pengadilan.
Namun, dalam kehidupan pemerintahannya, Anda mungkin berharap Buhari membuat kalimat terkenal dalam siaran pertamanya (Saya milik semua orang, dan saya bukan milik siapa pun) benar-benar melekat. Namun ada saat-saat yang cukup menggoda bagi seseorang untuk menerima bahwa presiden kita hanya diperuntukkan bagi sekelompok orang.
Dalam pemerintahan yang sangat mengibarkan panji-panji perubahan, Buhari mungkin tidak akan menutup mata, misalnya, terhadap fakta bahwa para menterinya belum mengikuti jalan yang diambilnya dan wakil presiden dengan menginvestasikan aset mereka untuk mendeklarasikan perubahan. di depan umum. Bagaimanapun, perubahan, jika diartikan secara ketat, berarti Anda ingin melakukan sesuatu secara berbeda dari pemerintahan sebelumnya.
Anda mungkin mengira dia akan segera mempermalukan pemerintahannya ketika salah satu anggota kabinetnya yang tinggi mengangkat kakinya di sebuah acara publik dan meminta salah satu ajudannya untuk menyemir sepatunya di depan umum. Hal ini tidak akan terjadi di negara-negara yang kepemimpinannya mengutamakan martabat manusia.
Anda mungkin berharap dia menghentikan pekerjaan rahasia yang sebagian besar bersifat nepotis di beberapa lembaga pemerintah seperti Bank Sentral Nigeria dan Federal Inland Revenue Service dan menuntut proses yang memberikan semua warga Nigeria akses ke posisi kosong di tempat-tempat tersebut. Faktanya, dalam pemerintahan yang mengalami perubahan nyata, setiap orang yang bertanggung jawab atas pekerjaan palsu tersebut seharusnya sudah kehilangan pekerjaan.
Ada juga laporan di ranah publik bahwa beberapa pejabat tinggi di kepresidenan, tepat di bawah pengawasan presiden kita, terlibat dalam transaksi gelap yang menghasilkan miliaran naira dan bertindak sebagai agen dari beberapa pengusaha jahat. Saat ini Anda memperkirakan Buhari telah menggunakan laporan-laporan tersebut untuk pertama-tama memberhentikan petugas yang disebutkan namanya, dan kemudian meluncurkan penyelidikan independen terhadap aktivitas mereka. Pembenaran apa pun atas pemberitaan media berarti pemecatan otomatis dan kemungkinan penuntutan. Tidak ada yang ditutup-tutupi dengan kedok apa pun.
Ada banyak permasalahan lain yang menjadi perhatian serius sebagian besar rakyat Nigeria, dan hal ini harus menjadi perhatian pemerintahan saat ini. Pola pengangkatan yang dilakukan Buhari selama ini adalah salah satunya. Dan sungguh, penilaian yang tidak memihak terhadap penunjukan ini akan membenarkan pertanyaan yang diajukan masyarakat Nigeria. Ambil contoh: Mengapa seorang pria yang sudah menjadi kepala staf presiden juga diangkat menjadi anggota dewan di sebuah organisasi besar pemerintah? Bukankah presiden, melalui penunjukan ini, telah meremehkan orang lain di negara lain yang seharusnya ditunjuk untuk posisi tersebut?
Ya, Buhari tampil sebagai orang yang kredibel dengan kecerdasan integritas yang sangat tinggi; satu-satunya mantan Kepala Negara yang tidak pernah memiliki properti di luar Nigeria pada tahun 2011. Namun kebajikan ini, dengan latar belakang masyarakat kita yang multietnis dan multikultural, tidak cukup diperkaya dengan keseimbangan, keadilan, kasih sayang, dan sentuhan bersama yang sehat.
Pemerintahan ini diklaim sebagai salah satu negara yang membawa perubahan, oleh karena itu presiden ini haruslah seorang yang sesekali melakukan kunjungan langsung ke daerah-daerah yang mengalami krisis dan bencana dengan skala yang mengkhawatirkan dimanapun terjadi di negeri ini. Contohnya lagi: Ketimbang menyerahkan urusan pada istri Wakil Presiden, tidak ada yang menghalangi Buhari untuk berkunjung ke Kubwa menemui keluarga pendakwah perempuan yang terbunuh, dan sekali lagi menggunakan kesempatan untuk menggunakan kebebasan beragama sebagaimana tertuang dalam konstitusi. dan perburuan dengan segala cara terhadap para pelaku kejahatan keji tersebut. Inilah saat-saat di mana pesan-pesan yang kuat dibutuhkan. Ini adalah hal yang mudah dilakukan oleh Presiden Obama.
Omong-omong, negara masih menunggu presiden memenuhi janjinya sebelum pemilu untuk mengurangi drastis jumlah pesawat di armada kepresidenan. Dia kemudian mengatakan bahwa beberapa di antaranya akan dijual untuk memangkas biaya. Hal ini belum terjadi, lebih dari satu tahun setelah dia menjabat.
Semua ini, dan masih banyak lagi yang tidak dapat dikutip di sini, memberikan posisi yang berlawanan dengan jawaban Shehu atas pertanyaannya. Kepadanya saya katakan, dengan segala kerendahan hati: Tidak, Pak, ini pada dasarnya bukanlah perubahan yang kami pilih.
Godwin Onyecholem adalah seorang jurnalis. Dia dapat dihubungi di (email dilindungi)


slot online pragmatic

By gacor88