INEC menangguhkan pemilihan Rivers pada bulan Oktober

Komisi Pemilihan Umum Nasional Independen (INEC) telah menyatakan kesiapannya untuk menyelesaikan pemilihan ulang Daerah Pemilihan Federal dan Negara Bagian yang ditangguhkan di Rivers pada bulan Oktober.

Hal ini tertuang dalam buletin harian INEC yang diterbitkan di Abuja pada hari Senin.

Buletin tersebut mengutip Komisioner Nasional INEC yang membidangi Operasi Pemilu, Hajiya Amina Zakari, yang menyampaikan keputusan komisi tersebut ketika berbicara kepada para pemangku kepentingan di Port Harcourt.

Namun Zakari mengatakan INEC membutuhkan kerja sama para pemangku kepentingan, terutama dari kalangan politik, untuk menyelesaikan pemilu.

Zakari mengatakan INEC tetap merupakan badan non-partisan yang hanya tertarik untuk memperkuat demokrasi Nigeria dengan memberikan kesempatan yang setara bagi partai politik dan peserta.

Dia mengatakan bahwa Komisi prihatin bahwa beberapa bagian di Negara Bagian Rivers tidak memiliki perwakilan di Majelis Nasional dan Negara Bagian.

Zakari mengatakan hal ini memerlukan diadakannya forum untuk membahas isu-isu yang timbul dari pelaksanaan pemilu yang dilanjutkan pada 19 Mei, yang ditangguhkan karena kekerasan.

Dia mengatakan “masa tenang” memungkinkan Komisi untuk menyusun ulang strategi mengenai bagaimana kembali ke daerah yang terkena dampak untuk menyelesaikan pemilu.

Komisaris mengatakan bahwa pemilihan ulang pada tanggal 19 Maret ditangguhkan pada berbagai tahap pasca-majelis, pra-majelis dan selama pertemuan karena kekerasan yang terjadi.

Dia mengatakan pemilu tidak dapat diselesaikan karena alasan keamanan dan ketidakpatuhan kelas politik terhadap resolusi perdamaian yang mereka tandatangani pada 21 Juli.

Zakari mengatakan meskipun ada upaya mediator, kondisi yang ditetapkan sebelumnya sebagai prasyarat penyelenggaraan pemilu oleh KPU belum terpenuhi di Rivers State.

Ia mengatakan pemilu diadakan di negara bagian Imo dan Kano karena memenuhi persyaratan INEC.

Buletin tersebut juga mengutip Komisaris Nasional INEC yang mengawasi Zona Selatan-Selatan, Dr Mohammed Lecky, yang mengatakan bahwa INEC “siap untuk menyelesaikan pemilu setelah situasi keamanan membaik”.

Lecky mengimbau para politisi untuk memastikan suasana kondusif hingga berakhirnya pemilu.

Laporan tersebut juga mengutip Komisaris Polisi Negara Bagian Rivers, Francis Odesanya, yang memberi pengarahan kepada semua orang tentang kesiapan badan keamanan untuk menyediakan lapangan bermain yang setara untuk pemilihan kembali.

Odesanya juga berjanji akan menjamin keamanan yang memadai selama pemilu. (NAN)


Result SGP

By gacor88