Izinkan Dasuki menemui pengacaranya di tempat yang netral – Pengadilan memerintahkan FG

Pengadilan Tinggi Abuja telah menolak keputusan Pemerintah Federal untuk membebaskan mantan Penasihat Keamanan Nasional (NSA) yang ditahan, Kol. Muhammed Sambo Dasuki (rtd.) ke tempat Departemen Dinas Keamanan Negara (DSS) untuk mengakses dan menginformasikan pengacaranya dalam persidangan yang sedang berlangsung atas tuduhan pidana korupsi yang diajukan terhadapnya.

Dasuki, yang diberikan jaminan oleh tiga Pengadilan Tinggi yang berbeda, memenuhi persyaratan jaminan tetapi ditangkap kembali oleh petugas DSS sejak Desember tahun lalu namun belum dibebaskan.

Pengadilan memerintahkan agar mantan NSA diizinkan mengakses pengacaranya dan diberi pengarahan di lokasi netral alih-alih di lokasi markas besar DSS di Abuja, sehingga dia dapat mempersiapkan pembelaannya secara memadai di persidangan.

Hakim Husain Baba Yusuf, yang mengeluarkan perintah di Abuja hari ini, mengarahkan agar mantan NSA yang ditahan untuk selanjutnya diizinkan oleh operator DSS untuk mengakses pengacaranya di dalam gedung markas besar peradilan Federal Capital Territory di Maitama Abuja antara Senin hingga Jumat ini. pekan.

Putusan Hakim Baba Yusuf ini menyusul pengaduan dari pengacara Dasuki, Adeola Adedipe, bahwa tim hukum Dasuki tidak diizinkan untuk memiliki akses langsung kepadanya meskipun ada perintah pengadilan yang dibuat pada 6 April.

Pada sidang lanjutan kasus tersebut, penasihat Pemerintah Federal, Tuan Rotimi Jacobs, SAN, mengatakan kepada Hakim bahwa kasus tersebut telah direncanakan untuk dimulainya persidangan dan bahwa dia sepenuhnya siap dengan para saksinya yang akan bersaksi di persidangan. kasus bersaksi.

Namun, Adedipe berdiri dan memberi tahu pengadilan bahwa dia tidak siap untuk persidangan apa pun karena putusan 6 April yang memerintahkan DSS untuk memberi mereka akses ke klien mereka untuk pengarahan untuk mempersiapkan pembelaannya tidak disahkan oleh badan keamanan belum dipenuhi.

Pengacara menuduh bahwa surat yang dikirim ke DSS oleh penasihat utama Dasuki, Bapak Joseph Daudu, tertanggal 13 April setelah putusan 6 April, meminta izin untuk mengakses Dasuki di luar kantor DSS, sebagaimana tertuang dalam putusan pengadilan.

Yang mengejutkan mereka, Adedipe memberi tahu Hakim Baba Yusuf bahwa jaksa penuntut, Bapak Rotimi Jabobs, SAN telah menjawab pada 18 April bahwa akses ke Dasuki hanya dapat diberikan di ruangan yang nyaman dan tanpa hambatan di ruangan khusus di markas besar DSS.

Penasihat bersikeras bahwa karena kerahasiaan yang diperlukan dalam pengarahan antara klien dan pengacaranya, surat DSS tidak dapat ditanggapi, dan akibatnya pembela tidak siap untuk diadili sampai ada kesempatan untuk mendapatkan akses ke Dasuki dengan alasan netral. untuk pengarahan yang tepat.

Sikap yang sama juga dilontarkan Ketua Akin Olujimi, SAN, Solomon Umoh, SAN dan Abioldun Layonu, SAN, yang merupakan kuasa hukum para terdakwa lain di persidangan, mengaku agar tidak memberi tanda tanya di persidangan, Dasuki mengakses keterangannya. pengacara di tempat netral demi kepentingan peradilan yang adil.

Hakim Baba Yusuf yang sebelumnya mengindikasikan bahwa dia tidak akan memberikan penundaan lebih lanjut, bagaimanapun, melihat alasan dalam pembelaan dan menunda kasus tersebut hingga 6 Juni agar DSS mematuhi keputusannya pada 6 April.

Hakim memerintahkan agar Dasuki dibawa oleh operator DSS ke tempat Pengadilan Tinggi di Abuja sebagai alasan netral dari hari ini hingga Jumat di mana dia harus diizinkan akses tanpa hambatan ke pengacaranya untuk memungkinkannya membela diri secara memadai dalam pidana untuk mempersiapkan diri. . tuduhan terhadapnya.

Hakim Baba Yusuf meminta Jacobs meyakinkan kliennya untuk selalu mematuhi perintah pengadilan agar tidak menghalangi persidangan pidana yang tertunda.


link slot demo

By gacor88