Kami merebut kembali Ekiti PDP dari Fayose – BoT chief

Anggota Fraksi Partai Rakyat Demokratik (PDP) yang setia kepada Gubernur Negara Bagian Ekiti, Ayo Fayose, telah kehilangan hak suara pada Konvensi Nasional partai yang diadakan di Port Harcourt, Sabtu.

Seorang anggota Dewan Pengawas PDP (BoT), Senator Clement Awoyelu, mengungkapkan hal ini pada Kamis di Ado Ekiti, ibu kota negara bagian, saat pengambilan sumpah Komite Eksekutif Negara (SEC) yang dipimpin oleh Ketua Williams Ajayi.

Ajayi dan anggota eksekutifnya dilantik oleh seorang pengacara, Olu Jayeoba. Fraksi yang dipimpin Ajayi dikatakan setia kepada senator yang mewakili Ogun East di Majelis Nasional, Buruji Kashamu.

Ajayi berjanji untuk mengembalikan kewarasan pesta, bekerja untuk
rekonsiliasi dan membawa kembali para pemimpin dan anggota yang pergi dengan frustrasi.

Peresmian dilakukan menyusul putusan Pengadilan Tinggi Federal yang memerintahkan Komisi Pemilihan Nasional Independen (INEC) dan PDP untuk tidak mengakui ekso pimpinan Gboyega Oguntuase yang setia kepada Fayose.

Pengadilan yang dipimpin oleh Justice Taiwo Taiwo memerintahkan agar Oguntuase dan lainnya yang terpilih selama kongres paralel harus berhenti menampilkan diri mereka sebagai anggota eksekutif partai sambil menunggu penentuan Mosi Pemberitahuan.

Berbicara pada pelantikan eksekutif yang dipimpin Ajayi, Awoyelu, yang juga anggota Komite Eksekutif Nasional (NEC) PDP, mengatakan bahwa partai tersebut telah diambil alih oleh semangat dan surat perintah pengadilan hari Selasa dari Fayose.

Awoyelu yang menjabat sebagai Wakil Kepala Cambuk Senat antara tahun 2003 dan 2007 menegaskan bahwa anggota Fraksi Fayose tidak akan diizinkan masuk ke tempat konvensi Port Harcourt apalagi memberikan suara di acara tersebut.

Menurut Awoyelu, merebut kembali partai dari Fayose tetap menjadi pilihan terbaik bagi partai untuk mencegah kehancuran yang akan segera terjadi yang disebabkan oleh dugaan one-man show gubernur dalam menjalankan partai.

Sambil menjelaskan bahwa dia tidak memiliki dendam pribadi terhadap Fayose, Awoyelu mengatakan para tetua partai tidak akan menyerah dan membiarkan gubernur mengubah PDP menjadi harta pribadinya.

Ia mengatakan salah Fayose membawa beberapa rapat resmi ke rumah pribadinya di kampung halamannya, Afao Ekiti, ketimbang sekretariat PDP di Ado Ekiti.

Awoyelu menjelaskan bahwa situasi di Ekiti PDP sangat memprihatinkan sehingga Fayose memilih eksekutif di tingkat lingkungan, pemerintah daerah dan negara bagian, dengan mengatakan bahwa partai tersebut sekarang akan diposisikan ulang sejalan dengan impian para pendirinya.

Pemimpin partai mengatakan kepemimpinan nasional menyusun daftar delegasi untuk memilih di Konvensi Nasional dan dilayani dengan perintah Pengadilan Tinggi Federal yang melarang Sekretariat Nasional untuk mengakui daftar yang diteruskan oleh faksi Fayose.

Dia berkata: “Saya telah berkecimpung dalam politik partai selama lebih dari 50 tahun dan itulah mengapa kami mencoba untuk merestrukturisasi partai kami. Kami tidak akan pernah tidur sampai kami merebut kembali partai kami dari Gubernur Fayose. Kami siap untuk memperbaiki semua kesalahan di pihak kami.

“Saya memiliki dua cara dengan Fayose: Satu, saya belum pernah melihat negara bagian di mana gubernur akan menjadi orang yang menunjuk calon anggota dewan. Ini salah karena itu tugas pimpinan partai. Dua, gubernur mengambil alih partai untuk dirinya sendiri.

“Gubernur tidak menghadiri rapat apa pun di sekretariat partai tetapi dia memindahkan partai ke rumahnya di Afao Ekiti. Kami tidak akan mentolerir ini.

“Saya telah menjadi anggota Komite Eksekutif Nasional PDP sejak tahun 1998, Presiden Olusegun Obasanjo, Umaru Yar’Adua dan Goodluck Jonathan menghadiri pertemuan di Wadata Plaza di Abuja. Namun tidak demikian di bawah Gubernur Fayose.

“Gubernur Fayose tidak ada di Ekiti saat kami membentuk PDP. Dia tidak tahu apa-apa tentang PDP. Dan kami berterima kasih kepada Tuhan bahwa pemilihan SEC yang baru dan putusan pengadilan menunjukkan bahwa Tuhan dan rakyat telah menolak gubernur. Kami merebut kembali negara darinya.

“Sebagai SEC partai, Anda tidak perlu takut karena pengadilan telah mendukung kemenangan Anda. Anda harus memastikan persatuan di partai kami dan membawa setiap anggota yang dirugikan, ”katanya.

Mantan Sekretaris Pemerintah Negara Bagian, Amb. Dare Bejide, yang merupakan seorang pengacara, menegaskan bahwa anggota faksi Fayose tidak akan diizinkan berada di dekat tempat konvensi sesuai dengan perintah Pengadilan Tinggi Federal Ado Ekiti pada hari Selasa.

Bejide, yang juga mantan Komisaris Tinggi Nigeria untuk Kanada, mengatakan daftar eksekutif partai yang dipimpin Ajayi dilampirkan pada perintah pengadilan dan dikirim ke Sekretariat Nasional PDP untuk perakitan sebagai delegasi Konvensi Nasional di Port Harcourt.

Dia mendesak SEC baru untuk menanamkan disiplin dalam partai dan menjadikannya kekuatan yang tangguh untuk memenangkan pemilihan.

Ajayi berjanji untuk mengembalikan kewarasan partai yang telah bekerja untuknya
rekonsiliasi dan membawa kembali para pemimpin dan anggota yang pergi dengan frustrasi.

Ketua partai mengatakan kongres yang diadakan oleh faksi lain tetap ilegal dan mengatakan dia dan kepala eksekutifnya sekarang fokus untuk memajukan partai, juga meminta dukungan anggota.


sbobet terpercaya

By gacor88