Kantor NSA, Menteri Pertahanan mendapatkan penipuan senilai ,1 juta

Sebuah petisi yang diperoleh dari Departemen Layanan Keamanan Negara oleh kelompok masyarakat sipil yang dikenal sebagai Nigeria Prihatin Citizen Assembly (NCCA) telah meminta DSS untuk menyelidiki penyelidikan baru-baru ini ke kantor Penasihat Keamanan Nasional, yang saat ini ditempati oleh Babagana Monguno, untuk memperluas . dan Menteri Pertahanan, Alhaji Dan Ali. Kedua perwira tersebut telah terlibat dalam skandal yang melibatkan Komite Investigasi Presiden tentang Pengadaan Senjata setelah Departemen Layanan Negara (DSS) menangkap salah satu anggotanya, Komodor Udara Umar Muhammad (rtd) atas kesepakatan senjata yang kontroversial senilai $2,1 miliar.

Menurut kelompok tersebut, kedua pria tersebut adalah pemberi pengaruh utama dalam sindikat tersebut.

Penipuan terbaru yang melibatkan dua pejabat ini dalam pemerintahan saat ini telah menimbulkan kekhawatiran tentang ketulusan perjuangan anti-korupsi yang sedang berlangsung sejak komite dibentuk terutama untuk menyelidiki pencurian dana yang dimaksudkan untuk membeli senjata yang dibeli untuk melawan teroris Boko Haram di bawah pemerintahan sebelumnya. pemerintah.

Sebuah sumber lebih lanjut menunjukkan bahwa kedua pria tersebut melakukan upaya panik untuk menggunakan beberapa warga berpangkat tinggi untuk menutupi tuduhan tersebut, meskipun Direktur Jenderal Layanan telah berjanji bahwa penyelidikan forensik penuh harus dilakukan dan pelakunya harus dibawa ke pengadilan. pengadilan. terlepas dari posisi mereka.

Dalam sepucuk surat kepada Direktur Jenderal DSS, NCCA meminta polisi rahasia untuk menggali lebih dalam kasus ini dan memastikan tidak ada batu yang terlewat untuk menuntut para pelakunya.

Surat oleh penyelenggara NCCA, Dr Abraham Odukoya, tertanggal 27 Juni 2016 mengungkapkan bahwa Menteri Pertahanan, Alhaji Dan Ali tinggal di properti Abuja N3,2 miliar milik anggota komite yang ditangkap, yang menunjukkan bahwa dia menjawab menteri.

“Mungkin menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa Komodor Udara Muhammad (rtd) memiliki wisma senilai N3,2 miliar di dalam area highbrow FCT -Abuja di mana dia menjadi tuan rumah bagi Menteri Pertahanan yang benar-benar memegang posisinya saat ini. karena pengaruh Komodor Udara Muhammad. Ini adalah indikasi yang jelas bahwa tuduhan bahwa keduanya adalah rekanan dalam kejahatan dan diuntungkan dari penipuan pengadaan senjata sama sekali tidak salah,” bunyi surat itu.

Ia juga memperingatkan bahwa kesungguhan lembaga itu dalam melakukan penyelidikan akan menjadi ujian komitmen pemerintah Presiden Muhammadu Buhari terhadap janji kampanyenya untuk memberantas korupsi.

Kelompok yang mengatakan bahwa DSS dapat membuat sejarah dalam perang anti-korupsi mengingat kualitas orang-orang yang sedang menyelidikinya, menyatakan keprihatinan bahwa ONSA dan Menteri Pertahanan telah menggunakan pengaruh dan koneksi mereka untuk menghentikan penyelidikan. setelah tingkat keterlibatan mereka terungkap.

NCCA telah menyatakan keprihatinan bahwa “individu berpangkat tinggi” keluar untuk menggagalkan penyelidikan mengingat upaya bersama yang telah mereka lakukan dalam hal ini sejak penangkapan Komodor Udara Muhammad (rtd).

Kelompok yang mendukung penangkapan yang dilakukan oleh DSS mendesak agar lembaga tersebut melakukan penyelidikan secara menyeluruh dan tidak memihak.

“Sekarang, lebih dari sebelumnya kami siap untuk membunuh gagasan bahwa yang tinggi dan perkasa berada di atas hukum dan tidak dapat disentuh, bahkan ketika mereka melakukan kejahatan keji.

“Kami di NCCA berdiri teguh di belakang Anda dan meminta Anda dan seluruh kepemimpinan DSS untuk terus membedakan diri Anda dengan memastikan bahwa Anda sampai ke dasar penipuan pengadaan senjata ini sedemikian rupa sehingga tidak ada orang, tidak peduli seberapa tinggi posisinya. , dibiarkan begitu saja,” tuntutnya.

Pertemuan tersebut memperingatkan bahwa mereka yang terlibat dalam penipuan dapat menimbulkan ancaman keamanan terbesar bagi negara jika mereka diizinkan untuk membebaskan negara dengan hasil kejahatan mereka.

“Implikasi keamanan dari membiarkan mereka yang telah menjarah uang dalam jumlah besar untuk berkeliaran dengan bebas dan mungkin bahkan menggunakan uang itu untuk mempengaruhi keputusan di Nigeria paling baik dianalisis oleh kantor Anda,” kata surat itu.


sbobet88

By gacor88