Kelompok Igbo menyebut ABC Nwosu pengkhianat, ingin membagi Nigeria menjadi enam wilayah

Beberapa kelompok penekan dari bagian Tenggara negara tersebut meminta pihak berwenang terkait untuk membagi Nigeria menjadi enam wilayah.

Kelompok-kelompok tersebut – Gerakan Pemuda Igbo, Majelis Perempuan Igbo dan Jaringan Kristen Tenggara – juga memiliki tokoh bisnis, Prof. ABC memperingatkan Nwosu untuk berhenti bekerja melawan rakyatnya.

Koalisi tersebut mengatakan bahwa mereka tidak menganjurkan restrukturisasi negara, namun hanya sekedar pelimpahan wewenang, lebih banyak sumber daya dan lebih banyak tanggung jawab kepada 36 negara bagian dari pusat, yang telah dikutuk oleh banyak pemangku kepentingan dan aktivis dari Tenggara.

Evang. Elliot Ugochukwu-Uko, pendiri Gerakan Pemuda Igbo dan Wakil Sekretaris, Pemimpin Pemikiran Igbo, dalam pernyataan yang dikeluarkan pada hari Jumat, mengklaim bahwa Prof. ABC Nwosu kembali mengkhianati rakyatnya dengan memposting hubungan politiknya dengan calon presiden dari wilayah Utara pada tahun 2019. dan di atas kelangsungan hidup dan kesejahteraan negara serta pembebasan rakyatnya dari perbudakan internal.

Menurutnya, Nwosu hanya sekedar menerbangkan layang-layang untuk menguji keadaan dan memantau reaksi dalam upaya untuk menjual restrukturisasi versi Utara kepada orang-orang Nigeria yang mudah tertipu.

Kata-katanya, “Korut ingin melakukan segala cara untuk mempertahankan 36 negara bagian dan 774 pemerintah daerah yang tidak adil dan tidak adil, namun ini adalah inti dari ketidakpuasan, ini adalah akar dari kepahitan di negara ini. Anda tidak dapat mempertahankan sumber kemarahan di negara ini dan mengklaim bahwa Anda telah merestrukturisasi negara hanya dengan mendelegasikan lebih banyak kekuasaan dan sumber daya ke negara bagian.

“Ini tidak akan menghentikan pemberontakan kecuali mereka tidak ingin semua agitasi ini berhenti, satu-satunya cara untuk memulihkan perdamaian di Nigeria adalah dengan melakukan restrukturisasi enam wilayah sebagai unit federasi, yang dibangun di atas federalisme fiskal yang sebenarnya, seperti konstitusi tahun 1963. dimana daerah mengelola sumber dayanya dan membayar persentase tertentu untuk menjalankan pusatnya. Kurang dari itu tidak akan menghasilkan apa-apa,” katanya.

Dia memiliki Prof. Menasihati Nwosu untuk menelusuri kembali langkahnya untuk menjual restrukturisasi versi Utara, supaya dia bisa relevan secara politik dengan teman-teman utaranya, menambahkan bahwa “Ini adalah penjualan yang sulit, tidak akan berhasil”.

Sementara itu, Uskup Micheal Ibeneme, koordinator South East Christian Network, menyesalkan: “Sangat disayangkan bahwa masyarakat Utara selalu menemukan orang-orang Timur yang bersedia, kapan saja mereka berencana untuk menumbangkan dan melemahkan hal-hal baik di Nigeria.

“Prof. Nwosu mengetahui posisi rakyatnya di Aburi, Ghana 41 tahun yang lalu, ia mengetahui posisi rakyat kita secara tertulis pada konferensi konstitusi tahun 1994/95, bahkan Abacha setuju untuk mengadopsi enam zona geo-politik sebagai unit federasi, Nwosu mengetahui tuntutan rakyat untuk otonomi daerah baik pada konferensi reformasi politik Obasanjo tahun 2005 maupun konferensi Goodluck Jonathan tahun 2014.

“Dia tahu bahwa negara bagian tidak bisa menjadi unit federal, karena perselisihan sebenarnya adalah bagaimana pemerintah negara bagian dan lokal diciptakan untuk menipu dan menindas negara-negara Timur. Apakah dia mengatakan bahwa Timur harus terus menderita karena kecurangan?

“Kami ingin wilayah Timur kami sendiri, di mana kami akan mengeluarkan potensi kami dan pergi ke bulan, mengapa mereka takut untuk mengembalikan wilayah Timur yang kami cintai Dr. MI Okpara membuktikan kepada dunia apa yang bisa kita lakukan.

“Hanya perubahan haluan setelah enam wilayah dapat menyelamatkan Nigeria sekarang, saya menantang ABC Nwosu untuk datang ke kampung halamannya di Nnewi dan memberi tahu mereka bahwa negara bagian akan menjadi unit federasi, mereka akan menghukum mati dia di sana.

“Dia tidak boleh menghancurkan masa depan rakyatnya hanya untuk tahun 2019, relevansi politik, semua orang tahu Korea Utara, menyerahkan agenda itu ke ABC Nwosu untuk dipasarkan, sungguh memalukan. Rakyat akan mempermalukannya.

“Sambil berpura-pura mendukung restrukturisasi, dia dengan cerdik melawan regionalisme yang merupakan tuntutan utama rakyat, tanpa kembali ke daerah, tidak ada gunanya melakukan restrukturisasi.”

Secara relatif, Ketua (Ibu) Mariah Okwor dari Majelis Perempuan Igbo mengatakan meskipun banyak yang meminta Presiden Buhari untuk merestrukturisasi Nigeria tanpa penundaan, “Korut telah mengemas versi restrukturisasi mereka yang salah dan menyerahkannya kepada beberapa orang untuk dijual”.

“Sejak John Kerry menyampaikan peringatan buruk kepada Presiden Buhari dan Sultan Sokoto mengenai bahaya jika terus menunda restrukturisasi Nigeria, musuh-musuh restrukturisasi dengan cepat mengartikulasikan versi yang lebih lunak dan salah yang dikemukakan oleh Prof. ABC Nwosu dan Co. sekarang berjuang untuk memasarkan. “Kami memohon kepadanya bahwa yang diinginkan rakyat hanyalah otonomi daerah dan tidak ada yang lain.”

Prof. ABC Nwosu mengatakan dalam sebuah wawancara baru-baru ini: “Restrukturisasi tidak kembali ke daerah; Saya terkejut dengan ketidaktahuan dan omong kosong semacam itu. Siapa bilang restrukturisasi kembali ke regionalisasi?


Pengeluaran SGP hari Ini

By gacor88