Komunitas Delta protes pemberlakuan ketua panitia, ancam Chevron

Masyarakat adat Ugborodo yang marah di Pemerintah Daerah Barat Daya Warri hari ini mengancam akan menyerang fasilitas minyak di daerah mereka jika Pemerintah Negara Bagian Delta memaksa Austin Oborogbeyi sebagai ketua Komite Manajemen Ugborodo, lapor DAILY POST.

Masyarakat Ugborodo menyerahkan ancaman tersebut dalam demonstrasi peringatan di fasilitas Chevron di kawasan Escravos.

Para pengunjuk rasa juga melarang Austin Oborogbeyi dan lainnya memasuki komunitas tersebut.

Masyarakat Ugborodo menyatakan bahwa Chevron Nigeria Limited harus siap menanggung akibat tindakan mereka jika beroperasi penuh.

Meskipun masyarakat Ugborodo bertanggung jawab untuk memilih manajernya dalam lima puluh tahun terakhir, komunitas Ugborodo menuduh Chevron Nigeria Limited mempraktikkan taktik “memecah belah” dan “memerintah” di wilayah tersebut.

Para pengunjuk rasa membawa plakat bertuliskan “Gubernur Okowa menunjuk Austin Oborogbeyi sebagai salah satu komisaris Anda”, “Gubernur Okowa, Ugborodo bukan salah satu kementerian Anda”, “Okowa adalah masalah antara Ugborodo dan Chevron”, “Gubernur Okowa dari Delta Negara Bagian, Jolomi Metseaghanrun adalah ketua Komunitas Ugborodo, “Gubernur Okowa dari Negara Bagian Delta, masyarakat Ugborodo adalah orang-orang yang cinta damai. Cukup sudah” dan “Gubernur Okowa dari Komite Manajemen Ugborodo Negara Bagian Delta di bawah pimpinan Jolomi Metseaghanrun datang untuk tetap tinggal,” menuduh Gubernur Negara Bagian Delta, Arthur Ifeanyi Okowa diduga memicu krisis antara mereka dan Chevron Nigeria Limited.

Masyarakat juga menuduh Chevron menyeret komunitas Ugborodo dengan mengatakan, “Kami memasukkan komite manajemen kami, Chevron mengatakan mereka tidak akan bekerja sama dengan pemerintahan Emma Meke sampai mereka menerima surat dari pemerintah.”

Dalam obrolan dengan DAILY POST, Pemimpin Pemuda Komunitas Ugborodo, Temi Kingsway Eyoibo mengatakan mereka memulai protes peringatan ketika informasi disaring di masyarakat bahwa Pemerintah Negara Bagian Delta diduga memaksa Austin Oborogbeyi untuk bermitra dengan Chevron sebagai ketua komite manajemennya. .

“Austin Oborogbeyi memasuki komunitas dan mulai menelepon beberapa orang kami dan mengatakan kepada mereka bahwa pemerintah ‘tidak memberikan persetujuan, bahwa dia harus datang dan bekerja sebagai ketua komunitas.

“Kami tidak ingin melihat mereka lagi di Escravos. Jika Okowa mau, izinkan dia memberi mereka surat untuk menjadi CEO atau apa pun yang Anda punya. Mereka lebih baik duduk di Warri dan melupakan Escravos.”

Eyoibo mencatat bahwa sebelum pelarangan, Austin Oborogbeyi dan yang lainnya menikmati hak istimewa untuk bergabung dengan komunitas Ugborodo dan melakukan apa pun yang mereka inginkan.


Hk Pools

By gacor88