Mantan Senator Ebonyi, Offia Nwali, tenggelam di kolam

Komando Polisi Ebonyi telah memastikan bahwa jenazah Senator Republik Kedua, Dr Offia Nwali, telah ditemukan dari kolam di belakang rumahnya.

ASP George Okafor, Pejabat Humas Komando (PPRO), melakukan konfirmasi kepada Kantor Berita Nigeria (NAN) di Abakaliki, Selasa.

Dia mengatakan jenazah Nwali ditemukan pada akhir pekan di sebuah kolam di belakang gedungnya di kota kelahirannya Ameka, Kawasan Pemerintah Daerah Ezza Selatan.

“Kami tidak dapat memastikan apakah dia tenggelam di kolam atau sudah mati, namun penyelidikan telah mulai mengungkap misteri di balik kematiannya.

“Kami belum melakukan penangkapan apa pun sejauh ini, namun kami meyakinkan warga negara bahwa kami akan memastikan bahwa masalah ini diselidiki sampai pada kesimpulan logisnya,” katanya.

Sementara itu, Gubernur David Umahi dari Ebonyi menggambarkan kematian Nwali yang berusia 74 tahun sebagai ‘kerugian besar’ bagi negara dan bangsa.

Umahi, yang bersimpati dengan keluarga Nwali selama kunjungan belasungkawa pada hari Selasa, menggambarkannya sebagai ilmuwan hebat dan orang Nigeria yang patriotik.

“Kematiannya mengejutkan seluruh warga negara karena hidupnya penuh misteri, mengandung kebenaran dan dedikasi terhadap negara,” katanya.

Gubernur yang didampingi Sekretaris Negara, Prof. Bernard Odoh, dan pejabat tinggi pemerintah, mendorong anak-anak Nwali untuk mengabadikannya.

“Kamu harus menjalani kehidupan yang benar dan berprinsip yang dipersonifikasikan oleh mendiang ayahmu selama dia tinggal di bumi.

“Pemerintah negara bagian akan membantu keluarga tersebut selama pemakamannya dan setelahnya sambil menjaga warisan yang ditinggalkannya,” katanya.

Putra pertama Nwali, Oguzor, mengatakan jenazahnya telah disimpan di Rumah Sakit Pendidikan Federal, Kamar Mayat Abakaliki.

Oguzor menggambarkan ayahnya sebagai seorang legenda, dan menyatakan bahwa kecintaannya terhadap persatuan negara, ras Igbo, dan Nigeria tidak mengenal batas.

NAN melaporkan bahwa Nwali adalah salah satu orang Afrika pertama yang memperoleh gelar doktor di bidang Computing and Analytical Studies dari Harvard University, AS.

Kepulangannya ke Nigeria pada tahun 1972 difasilitasi oleh mantan Inspektur Jenderal Polisi, Muhammadu Yusuf, ketika ia ditunjuk sebagai Ketua Dewan Sekolah oleh Pemerintah Negara Bagian Timur Tengah.

Ia mewakili Distrik Senator Abakaliki di Majelis Nasional dari 1979 hingga 1983 dan merupakan orang pertama yang mengajukan permintaan tertulis untuk pembentukan Ebonyi pada 10 Oktober 1979.

Nwali kehilangan seluruh keluarganya dalam kecelakaan pesawat Forker 28 di Bandara Enugu pada tahun 1983 tetapi kemudian menikah lagi.

NAN juga ingat bahwa komando polisi di Ebonyi mengkonfirmasi pada hari Senin bahwa mayat dua mahasiswa Federal Government College, Okposi di Daerah Pemerintahan Daerah Ohaoazara ditemukan dari sungai di daerah tersebut. (NAN)


Live Casino Online

By gacor88