Masyarakat Nigeria terlalu religius, kami yakin minyak tidak akan kering – Konsultan NEITI, Dauda Garuba

Dr. Dauda Garuba, konsultan Inisiatif Transparansi Industri Ekstraktif Nigeria, NEITI, telah memperingatkan masyarakat Nigeria untuk berhenti bersikap super religius, karena percaya bahwa minyak mentah, sumber pendapatan utama negara itu, akan bertahan selamanya.

DAAILY POST melaporkan bahwa Garuba memberikan peringatan ini di Lagos pada hari Selasa pada lokakarya yang sedang berlangsung mengenai pelaporan industri ekstraktif.

Dalam presentasinya mengenai gambaran umum sektor ekstraktif di Nigeria, pakar tersebut mendesak pemerintah dan masyarakat untuk menanggapi permasalahan industri ini dengan lebih serius.

“Kita harus menghentikan ‘mentalitas minyak adalah pemberian Tuhan’; aku akan kering suatu hari nanti Terkadang saya percaya bahwa jatuhnya harga minyak adalah sebuah berkah tersembunyi.

“Kamu akan mengingatnya ketika itu terjadi. Nigeria telah mulai memberikan perhatian yang layak pada sektor pertanian

Pada masa itu, mantan Menteri Pertanian (Dr. Akinwumi Adesina) melakukan yang terbaik dan itulah sebabnya Presiden Muhammadu Buhari mendukung usahanya untuk menjadi presiden Bank Pembangunan Afrika bahkan sebelum dia dilantik pada tahun 2015.

“Kesalahan yang kami lakukan saat itu adalah fokus pada sektor hulu. Namun sektor hilirlah yang mempengaruhi masyarakat umum. Hilirisasi meningkatkan kapasitas masyarakat. Ini memberi lapangan kerja dan memastikan aliran uang.

“Saya menggambarkan hulu sebagai tempat uang berada, sedangkan hilir adalah tempat pembangunan”.

Garuba menyayangkan sektor pertambangan masih menghadapi banyak tantangan. Dia mengatakan para pemain di sektor ini tidak sepenuhnya transparan dan akuntabel.

“Industri adalah yang paling diawasi. Anda pasti pernah mendengar atau melihat laporan Bank Dunia, NEITI, Senat, Perwakilan Rakyat, KPMG, panel yang dipimpin Ribadu dan sebagainya.

“Singapura punya 11 kilang, tidak ada satu pun sumur minyak. Mereka sebenarnya menyempurnakan untuk orang lain, dapatkah Anda bayangkan? Anda sekarang dapat melihat bahwa beberapa individu dan perusahaan sedang diselidiki karena mengklaim minyak yang tidak pernah mereka bawa ke Nigeria.

“Rakyat Nigeria harus mengatasi masalah-masalah kritis. Mengapa kita melakukan penyulingan minyak kita sendiri di luar negeri pada tahun 2017? Pada tahun 2015 saja, Malaysia menghasilkan $25 miliar dengan mengekspor inti sawit. Ethiopia menjadikan maskapai penerbangannya sebagai penghasil uang; mereka sekarang berusia 87 tahun. Orang Nigeria tidak punya pesawat.”

Garuba lebih lanjut mengimbau media untuk membantu NEITI menjaga lembaga pemerintah dan perusahaan lebih terbuka dalam urusan mereka.

“Sebenarnya ketika pemerintah gagal, hal itu berdampak pada semua orang. Bantu NEITI melaporkan pelanggaran, mengungkap IOC yang menolak mengembalikan dana.

“NEITI bertujuan untuk menghilangkan segala bentuk korupsi dalam penentuan pendapatan, pembayaran, penerimaan, penempatan dan penggunaan sumber daya. Tolong sebarkan hal ini dengan mengekang instansi pemerintah dan perusahaan”.

Didirikan pada tahun 2003, NEITI adalah bagian nasional Nigeria dari Inisiatif Transparansi Industri Ekstraktif (EITI) global.

Hal ini mendorong transparansi dan akuntabilitas dalam industri ekstraktif Nigeria untuk mendorong pembangunan sosio-ekonomi yang berkelanjutan dan tata kelola perusahaan yang baik,


Togel HK

By gacor88