Nigeria harus direstrukturisasi agar federalisme sejati bisa menang – Fayose

Gubernur Negara Bagian Ekiti, Ayodele Fayose, telah menyuarakan seruannya untuk melakukan restrukturisasi negara tersebut, dengan mengatakan bahwa adalah hal yang aneh bahwa Kongres Semua Progresif (APC), yang telah berada di garis depan dalam agitasi federalisme sejati, sekarang justru tidak melakukan hal yang sama. menentang restrukturisasi sebagai partai yang berkuasa.

Gubernur, yang memuji posisi yang diungkapkan oleh APC Barat Daya pada Kamis lalu, mengatakan bahwa partai tersebut sekarang harus melakukan lebih dari sekadar bermain-main dan menggerakkan mesin untuk merestrukturisasi negara.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Ado-Ekiti pada hari Minggu oleh Asisten Khusus Komunikasi Publik dan Media Baru, Lere Olayinka, Gubernur Fayose mengatakan “di bawah pemerintahan APC yang dipimpin oleh Presiden Mohammadu Buhari, Nigeria kembali ke sistem pemerintahan kesatuan yang utuh. .”

Menurut pernyataan tersebut, “Ada catatan bahwa APC sedang berdebat tentang ‘Mengatasi ketidakamanan yang semakin meningkat di Nigeria, apa rencana induknya?’ yang diselenggarakan oleh Pusat Demokrasi dan Pembangunan (CDD) pada tanggal 18 Desember 2014, yang bertujuan untuk memastikan federalisme sejati dan menjamin kepolisian masyarakat yang memadai melalui pembentukan polisi milik negara untuk mengekang tantangan keamanan yang berkepanjangan di negara ini.

“Sedihnya, karena kini mereka adalah partai yang berkuasa, APC tidak lagi berbicara tentang federalisme yang sebenarnya, terutama polisi negara bagian yang diselidikinya ketika masih menjadi oposisi.”

Gubernur Fayose, yang mengatakan bahwa negara bagian harus diperkuat agar negara dapat berkembang, menyatakan bahwa; “Nigeria berkembang lebih pesat pada tahun lima puluhan dan enam puluhan ketika menerapkan sistem pemerintahan konfederasi, dimana daerah-daerah mengatur urusan mereka sendiri hampir secara otonom.

“Situasi di mana terdapat sumber daya mineral di suatu negara bagian dan negara bagian tidak dapat berbuat apa pun tanpa persetujuan dari pemerintah federal tidak akan mendorong pembangunan yang kita semua dambakan.

“Situasi di mana pemerintah federal telah mengubah dirinya menjadi tuan dan tuan atas unit-unit federasi lainnya di negara tersebut, menggunakan lembaga-lembaga federal untuk menekan bahkan gubernur negara bagian, tidak dapat diterima.

“Dalam semangat inilah pemerintahan Partai Rakyat Demokratik (PDP) di masa lalu menyelenggarakan konferensi nasional pada tahun 2014 dan keputusan-keputusan yang berdampak luas diambil oleh tokoh-tokoh terkemuka Nigeria selama konferensi tersebut.

“Cukup menyedihkan, kami sekarang diberitahu oleh presiden kami bahwa laporan tersebut
konferensi tersebut dibuang ke tong sampah sejarah. Bukan itu
cukup bagus, datang dari presiden yang partainya berjanji
restrukturisasi, termasuk pembentukan Kepolisian Negara.

“Oleh karena itu, ini akan menjadi kepentingan kolektif Nigeria dan negaranya
orang agar laporan Musyawarah Nasional tahun 2014 dapat diperhatikan
oleh Presiden Buhari dengan maksud untuk, sekali dan selamanya
beberapa pertanyaan nasional yang merugikan negara.”


pragmatic play

By gacor88