Nnimmo Bassey: Apa yang salah memang salah

Pemantauan lingkungan sering kali dilakukan untuk memastikan bahwa standar dipertahankan untuk menjamin kesehatan lingkungan dan manusia. Dengan kata lain, kami memantau untuk memastikan tidak ada yang salah, sehingga kami mendeteksi jika ada yang tidak beres. Ini adalah gagasan standar pemantauan lingkungan.

Dalam kasus Delta Niger, permasalahannya bukan pada apa yang salah; situasinya adalah segala sesuatu yang salah sudah menjadi salah. Apa yang Anda lakukan ketika apa yang salah menjadi salah? Apakah kita bersiap menghadapi kekalahan? TIDAK.

Kami telah memilih lokasi pelatihan ini dengan sangat hati-hati. Kita berkumpul di komunitas yang ditemukan memiliki lapisan produk minyak olahan setebal 8 cm yang mengambang di air tanah. Kita berkumpul di wilayah dimana UNEP menemukan bahwa air yang diminum masyarakat kita terkontaminasi benzena, yang dikenal sebagai karsinogen, pada tingkat 900 kali lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Dunia. Kita berkumpul di sini untuk mengatakan bahwa masa kini kita harus didetoksifikasi dan masa depan kita tidak boleh diracuni.

Ada yang tidak beres. Ya. Lingkungannya begitu tercemar sehingga Delta Niger mendapat reputasi buruk sebagai salah satu tempat paling tercemar di muka bumi. Kita dibebani dengan tumpahan minyak, pembakaran gas, dan tempat pembuangan sampah beracun yang terjadi di masa lalu, saat ini dan yang sedang berlangsung. Kami ditugaskan melakukan pemantauan untuk memastikan gelombang ledakan dapat dibendung. Ini memerlukan observasi fisik. Hal ini juga memerlukan rekayasa sosial.

Pengamatan fisik dapat dilakukan dengan mudah jika Anda memiliki alat yang tepat dan pengetahuan yang tepat. Ini bisa dilakukan jika Anda tahu apa yang Anda cari dan betapa berbahayanya hal itu. Intinya, Anda mengenali karat dan tetap aman pada saat yang bersamaan. Ini adalah salah satu tujuan pelatihan pemantauan kami. Kami juga melakukan pelatihan untuk memantau proses perbaikan lingkungan di Ogoni dan lingkungan Delta Niger yang lebih luas. Ketika pembersihan akhirnya dimulai dengan sungguh-sungguh, kami ingin memastikan bahwa pencapaian telah diketahui dan kemajuan diukur berdasarkan pencapaian tersebut. Kami akan tetap memperhatikan standar nasional dan lingkungan hidup dan bersikeras bahwa standar tersebut dipenuhi. Kami ingin memastikan bahwa ketika lingkungan dikatakan bersih, maka lingkungan tersebut sudah bersih. Ini adalah tujuan utama dari pelatihan pemantauan kami.

Aspek rekayasa sosial dari pelatihan kami bukanlah aspek fisik, tetapi sangat penting. Ini ada hubungannya dengan pola pikir kita. Kita harus sepakat bahwa lingkungan yang bersih harus tetap bersih. Kita harus sepakat bahwa lingkungan yang bersih tetap bersih. Kita harus sepakat bahwa lingkungan yang bersih pada hakikatnya lebih berharga daripada menerima pembayaran tunai namun tetap terperosok dalam lumpur. Menjaga kebersihan tidak hanya baik bagi manusia, tetapi juga baik bagi spesies lain. Dan banyak spesies yang sudah punah dan memerlukan beberapa masa hidup agar mereka dapat pulih kembali.

Kita semua harus sepakat bahwa polusi tidak boleh disebabkan oleh tindakan dan kelambanan pihak-pihak yang berkepentingan di Delta Niger – baik perusahaan minyak, kontraktor, maupun masyarakat. Pola pikir kita harus menerima bahwa lingkungan yang tercemar merupakan ancaman bagi kesehatan dan kesejahteraan kita serta generasi mendatang. Pola pikir ini memahami bahwa lingkungan yang bersih adalah lingkungan hidup dan menunjang kehidupan, meningkatkan kesehatan, perdamaian dan martabat.

Inilah arti pemantauan bagi kami. Kami adalah pembela lingkungan yang bertekad untuk memastikan bahwa polusi sudah cukup dan sekaranglah waktunya untuk membersihkan dan tetap bersih. Setiap pendidikan adalah benih yang ditaburkan untuk menuai harapan masa depan, masa depan yang berpikir melampaui masa kini. Ini adalah dasar komitmen kami. Ini adalah dasar dari seruan kami kepada semua orang untuk melihat melampaui hari ini dan bahkan melampaui masa depan.
——————————————————————————–
Sambutan sambutan oleh Nnimmo Bassey, Direktur, Yayasan Kesehatan Ibu Pertiwi (HOMEF) pada Pelatihan Pemantauan Komunitas – Ikan, Bukan Minyak: Biarkan Pembersihan Ogoni Dimulai pada tanggal 26 Juli 2016 di Balai Kota Ogale, Nchia-Eleme, Ogoni


Pengeluaran SGP

By gacor88