NNPC membayar N56.96bn ke Rekening Federasi pada bulan Juni – Laporan

Perusahaan Perminyakan Nasional Nigeria (NNPC) mengatakan telah membayar N55,96 miliar ke Rekening Federasi pada bulan Juni.

Hal tersebut tertuang dalam laporan keuangan bulanan perseroan bulan Juni yang dirilis di Abuja pada hari Minggu.

Laporan tersebut sebagian menyatakan: “NNPC mentransfer sejumlah N55,96 miliar ke Rekening Federasi selama bulan peninjauan dari penerimaan bersih minyak mentah domestik sebesar N102,68 miliar.

“Bagian ke-23 dari pengembalian dana ke Pemerintah Federal sebesar N6,33 miliar juga telah disetorkan ke rekening Federasi.”

Ia menambahkan bahwa NNPC mencatat defisit sebesar N26,51 miliar dalam operasinya pada bulan Juni.

Menurut laporan tersebut, jumlah ini merupakan penurunan yang signifikan dari surplus sebesar N274 juta yang dilaporkan pada bulan Mei.

Dijelaskan bahwa kekurangan tersebut terutama disebabkan oleh penurunan perolehan pendapatan karena penurunan 13,30 persen (atau N14,9 miliar) produk minyak bumi yang dijual oleh Perusahaan Pemasaran Produk dan Pipa (PPMC) dan peningkatan biaya produk. distribusi.

“Selain itu, operasi pada bulan Juni 2016 menyaksikan tingginya dampak vandalisme yang terus-menerus dan selama bulan tersebut tercatat lebih dari 261 titik vandalisme.

“Di Nigerian Petroleum Development Company (NPDC), sebagian besar penjualan minyak mentah pada bulan tersebut yang diperkirakan melebihi defisit tidak dapat direalisasikan karena Force Majeure yang diumumkan oleh Shell Petroleum Development Company (SPDC) karena kapal Forcados 48 inci yang dirusak jalur ekspor,” jelas laporan itu.

NNPC mengaitkan intervensi pensiun yang dilakukan oleh Kantor Pusat Perusahaan untuk menjembatani kesenjangan pendanaan serta pembayaran gratifikasi satu kali sebagai alasan lain atas kekurangan tersebut.

Laporan tersebut lebih lanjut menyatakan bahwa perusahaan mencatat pendapatan operasional grup sebesar N118,39 miliar.

Dikatakan bahwa pendapatan operasional grup tersebut turun 16,94 persen dari N142,53 miliar yang tercatat di bulan Mei, sementara biaya operasionalnya naik menjadi N144,90 miliar, dibandingkan dengan N142,26 miliar di bulan Mei.

Ia menambahkan bahwa surplus yang terjadi pada bulan Mei disebabkan oleh peningkatan arus kas karena kenaikan harga bensin.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah 288,17 juta dolar pada bulan Juni merupakan total pendapatan ekspor korporasi, meningkat 85 persen dibandingkan kinerja bulan sebelumnya.

Ia menambahkan bahwa penjualan ekspor minyak mentah menyumbang 198,53 juta dolar (atau 68,89 persen) terhadap transaksi dolar, dibandingkan dengan kontribusi 89,13 juta dolar pada bulan sebelumnya.

Laporan tersebut menyebutkan bahwa ekspor gas pada bulan Mei menghasilkan 66,56 juta dolar.

Menurut laporan tersebut, NNPC mencatat total pendapatan ekspor sebesar 219,26 juta dolar pada bulan Juni dibandingkan 149,88 juta dolar dari bulan sebelumnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kontribusi minyak mentah mencapai 163,59 juta dolar, sedangkan pendapatan gas mencapai 49,12 juta dolar dan penerimaan lain-lain mencapai 6,55 juta dolar.

“Kinerja yang buruk disebabkan oleh meningkatnya serangan dan sabotase terhadap fasilitas minyak di Delta Niger.

“Di terminal Forcados saja, sekitar 380,000 barel minyak per hari telah ditutup sejak Februari, menyusul force majeure yang dinyatakan oleh SPDC.

“Sejumlah produksi minyak mentah telah ditunda hingga pemulihan selesai,” katanya.

Terminal-terminal besar lainnya yang terkena dampak gelombang vandalisme baru, sebagaimana tercantum dalam laporan, termasuk terminal Bonny, Usan dan Que Iboe.

NNPC mengatakan penerimaan minyak mentah dan gas domestik untuk bulan Juni – terdiri dari N3,06 miliar dari gas domestik dan N102,68 miliar dari minyak mentah domestik – berjumlah N105,74 miliar.

Perusahaan menambahkan bahwa dari penerimaan N102,68 miliar dari minyak mentah dalam negeri, N49,78 miliar (atau $252,71 juta) ditransfer ke Panggilan Tunai Joint Venture (JV), yang merupakan biaya lini pertama dan untuk menjamin aliran pendapatan berkelanjutan. di akun Federasi. (NAN)


slot

By gacor88