Pekerja Oyo akan menerima gaji dua bulan karena Partai Buruh mengakhiri pemogokan selama 7 minggu

Pekerja dan pensiunan pegawai negeri di Negara Bagian Oyo akan menerima tunggakan gaji dan pensiun pada bulan Januari dan Februari 2016 dalam dua minggu ke depan dengan pengaturan yang bertahap.

Meskipun gaji dan pensiun bulan Januari akan dibayarkan segera dari N3,49 miliar yang tersedia di kas negara, gaji dan pensiun bulan Februari akan dibayarkan dalam dua minggu ke depan setelah menerima alokasi berikutnya dari rekening Federasi.

Ini adalah puncak dari kesepakatan yang dicapai antara pemerintah negara bagian dan para pemimpin buruh, yang berpuncak pada penangguhan pemogokan buruh yang telah berlangsung lebih dari tujuh minggu pada Senin malam.

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Sekretaris Pemerintah Negara Bagian, Bpk. Olalekan Alli; Kepala Pelayanan, Bpk. Soji Eniade; Komisaris Keuangan dan Anggaran, Bpk. Abimbola Adekanmbi antara lain berpihak pada pemerintah.

Ketua Kongres Buruh Nigeria, Kamerad Waheed Olojede; Presiden Persatuan Pegawai Pemerintah Daerah Nigeria, Kamerad Bayo Titilola-Sodo; Sekretaris Negara Persatuan Pensiunan Nigeria, Kamerad Olusegun Abatan, termasuk di antara para pemimpin buruh yang mendukung perjanjian tersebut.

Pemerintah negara bagian juga setuju untuk meminta bank memberikan moratorium gaji dan pensiun selama dua bulan kepada pekerja yang memiliki kewajiban pinjaman selama dua bulan.

Perjanjian tersebut sebagian berbunyi, “Bahwa jumlah total yang diterima dari Rekening Federasi pada bulan Juni adalah N2,1 miliar; dan tambahan N1,39 miliar, yang merupakan tahap pertama dari fasilitas dukungan anggaran yang diterima dari Pemerintah Federal.

“Hal ini menjadikan total kas negara yang tersedia menjadi N3,49 miliar yang dapat segera digunakan untuk pembayaran gaji, upah, dan pensiun tenaga kerja negara pada bulan Januari.

“Bahwa gaji dan pensiun selama dua bulan dibayarkan dalam waktu dua minggu (sejak perjanjian) setelah negara bagian menerima bagian dari hibah federal yang sesuai. Bahwa perlu adanya pengorbanan dari kedua belah pihak yang berujung pada penyesuaian kewajiban dan hak negara kepada berbagai pemangku kepentingan untuk merealisasikan pembayaran tersebut.

“Prinsip yang sama akan diterapkan pada pembayaran gaji dan pensiun untuk bulan Februari berdasarkan harapan bahwa alokasi berikutnya dari Rekening Federasi dan Fasilitas Dukungan Anggaran akan memiliki nilai yang sama.”

Perjanjian tersebut juga menyerukan surat permintaan maaf resmi dari kepala sekolah, guru dan siswa sekolah menengah yang terlibat dalam pelanggaran perdamaian dan perusakan properti pemerintah, yang menurut SSG telah disampaikan kepada pemerintah.

Sementara itu, pemerintah setuju untuk mencabut semua tuntutan hukum terhadap buruh yang masih tertunda, dan juga diputuskan bahwa tidak ada buruh yang akan menjadi korban karena ikut serta dalam aksi industrial.

Komite gabungan yang beranggotakan 14 orang, yang diresmikan pada tanggal 12 Juli setelah aksi industrial tanggal 6 Juni, juga mencapai konsensus bahwa audit biometrik lebih lanjut terhadap semua pekerja layanan sipil dan pensiunan di seluruh negara bagian harus dilakukan jika diperlukan.

Pemerintah telah menantang buruh untuk bekerja sama mencari sumber pendapatan alternatif guna memenuhi kewajibannya terhadap tenaga kerja mengingat berkurangnya alokasi dari Rekening Federasi, serta untuk menutup kebocoran dalam sistem.

SSG berbicara kepada para jurnalis mengenai hasil dari pertemuan komite gabungan dan menghimbau para pekerja untuk melihat kerusuhan buruh yang ditangguhkan sebagai sebuah pelajaran bagi semua orang mengenai perlunya dialog untuk menyelesaikan perbedaan pendapat.

Alli berkata: “Partai Buruh telah memberikan kepastian yang kuat untuk bekerja sama dengan pemerintah guna memperluas pendapatan bersih negara.

“Dari berbagai pembelajaran dalam proses aksi industrial ini, diyakini dengan adanya transparansi dan keterbukaan pemerintah serta pemahaman terhadap buruh, maka terulangnya situasi tersebut dapat dihindari.”

SSG mengimbau para siswa, guru, dan administrator sekolah untuk kembali ke sekolah agar segera melanjutkan pekerjaan akademik.

Himbauan serupa juga disampaikannya kepada pegawai negeri sipil dan pegawai pemerintah daerah.


SGP hari Ini

By gacor88