Petisi kelompok untuk Keadilan Zainab Bulkachuwa di NJC di persidangan Kepala Suku APC di Rivers State

Kelompok Integritas Hak Sosial telah mengajukan petisi kepada Presiden Pengadilan Tinggi, Hakim Zainab Bulkachuwa di Dewan Yudisial Nasional, NJC karena diduga memiliki kepentingan dalam persidangan pembunuhan yang melibatkan kepala suku Kongres Semua Progresif, APC di Negara Bagian Rivers, Bendera Ojukaye -Amachree terlibat. .

Flag-Amachree menghadapi dua tuduhan pembunuhan dan konspirasi. Jaminannya ditolak oleh Hakim Margareta Opara dari Pengadilan Tinggi di Port Harcourt.

Sementara itu, dalam petisi singkat yang ditandatangani oleh Direktur Eksekutif Grup Integritas, Livingstone Wechie dan dua orang lainnya, grup tersebut ingin NJC memanggil Justice Bulkachuwa untuk memesan.

Livingstone bertanya mengapa panel banding khusus dibentuk untuk membahas masalah mantan ketua Dewan Pemerintah Daerah negara bagian Asari-Toru, Ojukaye.

Dia menuduh bahwa ada tindakan jahat untuk mengamankan pembebasan Ojukaye Flag-Amachree dengan jaminan oleh Pengadilan Banding setelah dia gagal di pengadilan yang lebih rendah.

Petisi itu berbunyi:

SURAT TERBUKA KEPADA KETUA DEWAN PERADILAN NASIONAL DAN KETUA KEADILAN NIGERIA

Tuhanmu,

BED SUNGAI NEGARA PERKEMBANGAN HUKUM DAN TATA TERTIB :

Kelompok Integritas sejalan dengan Proyek Keadilan dan Kewarganegaraan mencari intervensi mendesak oleh Dewan Yudisial Nasional dan Ketua Mahkamah Agung Nigeria atas tindakan nyata penyalahgunaan kekuasaan yudisial, korupsi yudisial, tampilan kepentingan politik yang ceroboh termasuk tindakan berulang yang ditujukan untuk. pada penghancuran peradilan dan sistem peradilan pidana oleh Ketua Pengadilan Tinggi Hon. Hakim Zainab Bulkachuwa dalam sidang pembunuhan kepala suku APC dan mantan ketua dewan Asari-Toru OJUKAYE-FLAG AMACHREE.

Ketua Pengadilan Banding yang Terhormat bekerja sama dengan panel terpilih yang terdiri dari 3 orang dari Pengadilan Banding yang dipimpin oleh Hon. Justice Sidi Bage, (Divisi Lagos), Yang Terhormat Hakim A. O Lokulo Sodipe (Divisi Ekiti) dan Hon. Hakim Adamu Jauro (Jos Division) untuk mendengarkan permohonan jaminan dari terdakwa Ojukaye Flag-Amachree.

Juru tulis APC tersebut, Ojukaye Flag-Amachree, saat ini menunggu persidangan dan ditahan di penjara Port Harcourt atas tiga tuduhan konspirasi dan pembunuhan, yang dituduh menembak mati satu Smart Soberekon di Buguma, markas besar Asari-Toru pemerintah lokal. wilayah Rivers State pada Pemilihan Umum 11 April 2015.

Pengacaranya dipimpin oleh Sebastian Hon SAN, mengajukan banding ke Pengadilan Banding di Port-Harcourt menantang keputusan Hakim Margaret Opara dari Pengadilan Tinggi Negara Bagian Rivers karena tidak memberikan jaminan kepada kliennya.

Yang Mulia, Anda akan tertarik untuk mengetahui bahwa satu-satunya alasan mengapa Presiden Pengadilan Tinggi membentuk tiga orang panel Pengadilan Tinggi Hatchet dengan impunitas dan tanpa alasan adalah untuk lebih memilih permohonan jaminan dari tertuduh yang menantang keputusan pengadilan. High Court Rivers yang menolak jaminannya.

Yang Mulia, sebagai catatan, izinkan kami menyatakan bahwa ada Hakim substantif dan kompeten dari Divisi Port-Harcourt Pengadilan Tinggi yang kualifikasi dan kapasitasnya belum dipertanyakan. Akibatnya, tidak ada petisi yang diketahui atau masalah prasangka terhadap mereka oleh salah satu pihak untuk membenarkan pertunjukan kepentingan yang tidak masuk akal oleh Presiden Pengadilan Banding untuk membentuk panel khusus untuk hanya mengadili permohonan jaminan dari Ojukaye Flag yang dituduh. Amachree.

Penting juga untuk dicatat bahwa ketiga Hakim Hon. Justice Sidi Bage, (Divisi Lagos), Yang Terhormat Hakim A. O Lokulo Sodipe (Divisi Ekiti) dan Hon. Keadilan Adamu Jauro (Jos Division) rupanya datang untuk kapak politik yang bertujuan memberikan jaminan luar biasa kepada Ojukkaye Flag-Amachree tersebut.

SUDAH DIKETAHUI MASYARAKAT BAHWA KETIGA HAKIM JUGA BAGIAN DARI PANEL HAKIM PENGADILAN BANDING YANG SANGAT MEMBATALKAN KURSI LEGISLATIF NEGARA SUNGAI YANG BERBEDA PADA PEMILU. TING HUKUM” yang hampir menghancurkan peradilan kita di Nigeria; dengan demikian, jelas bahwa mereka tidak hanya bias, tetapi KEPENTINGAN PENUH DALAM KASUS INI DIDASARKAN PADA PEMAHAMAN JELAS MEREKA BAHWA SETIAP KOMPROMI DATANG DENGAN PEMIMPIN MEREKA, PRESIDEN PENGADILAN BANDING, Hon. KEADILAN ZAINAB BULKACHUWA.

PERTANYAAN KAMI TENTANG MASALAH INI:

1. Apakah tertuduh/pemohon tersebut layak mendapatkan perlakuan istimewa seperti untuk menjamin satu set hakim khusus untuk mengadili dan mengabulkan bandingnya atas permohonan jaminan?

2. Apakah benar menurut hukum bagi Ketua Pengadilan Tinggi untuk menjalankan kekuasaan sewenang-wenang dengan mengabaikan Hakim substantif Pengadilan Tinggi, Divisi Port Harcourt, dalam menunjuk hakim pilihannya atas kasus serius sebagai tindak pidana pembunuhan besar ?

3. Apakah tertuduh dalam pertanyaan Ojukaye Amachree lebih unggul dan manusia yang lebih baik daripada ribuan orang Nigeria lainnya yang mendekam dalam tahanan penjara selamanya menunggu persidangan termasuk pelanggaran ringan di seluruh Nigeria?

4. Apakah NJC dan Kehakiman Nigeria memberikan prioritas, akankah jenis tren berbahaya yang dianjurkan oleh Hakim Zainab Bulkachuwa dan sesama pelancong ini berlanjut? HAL YANG BELUM PERNAH TERJADI DALAM SEJARAH ADMINISTRASI PERADILAN PIDANA DI NIGERIA.

5. Apakah NJC dan para Hakim di Nigeria dapat terus menikmati rasa hormat dan kepercayaan yang diberikan kepada mereka oleh orang biasa dalam menghadapi tindakan bermotivasi duniawi dari Presiden Pengadilan Banding dan tiga hakimnya , terutama dengan fakta bahwa para hakim ini datang untuk menegakkan hukuman yang telah mereka siapkan untuk tidak melakukan apa-apa selain memerintahkan jaminan segera kepada terdakwa untuk dengan senang hati menyinggung kasus-kasus dengan besaran yang sama tanpa pengawasan, dengan tujuan putus asa untuk keluar dengan segala cara.

6. Atau, dengan asumsi tanpa mengakui bahwa seorang tertuduh tidak bersalah dalam kasus seperti ini, tertuduh seperti itu harus diizinkan pergi ke piring emas untuk memberikan kebebasan untuk membunuh lebih banyak orang, terutama periode politik di negara yang terkena dampak ini?

7. Apakah tindakan Hakim Zainab Bulkachuwa tidak mengkhianati dorongan untuk mengadili mereka yang terlibat dalam berbagai skala kekerasan pemilu?

Penting pada tahap ini untuk mengatakan bahwa advokasi Kelompok Integritas bersama dengan organisasi intervensi lainnya dalam kasus ini sama sekali bukan untuk membela terdakwa yang berhak mendapatkan keadilan yang adil tetapi untuk memastikan bahwa keadilan tidak melalui pengadilan. pintu belakang untuk kepentingan keseluruhan baik terdakwa, pengadu/korban dan masyarakat.

Mengingat bahwa tanggal berikutnya untuk masalah di Pengadilan Banding di Port Harcourt adalah 4 Juli 2016, di mana ketiga hakim putus asa untuk memberikan jaminan kepada terdakwa yang diadili atas pembunuhan, itu akan sama pentingnya dengan penyelamatan. . misi oleh NJC dan Ketua Pengadilan Nigeria untuk menyelamatkan situasi seperti dalam kasus kepentingan nasional untuk mencegah manifestasi penuh dari hari kiamat untuk satu-satunya harapan orang biasa.

DOA KAMI:

1. Bahwa apa yang disebut Panel Kapak 3-orang dari Pengadilan Banding seperti yang diperoleh di sini oleh Hakim Zainab Bulkachuwa pada persidangan Amachree Bendera Ojukaye di Negara Bagian Rivers HARUS DIHAPUS! Ketua Mahkamah Agung dan NJC MEMILIKI SATU KESEMPATAN LAGI UNTUK MELINDUNGI PERADILAN TERHADAP HIPPOTING POLITIK OLEH PRESIDEN PENGADILAN BANDING DAN KLIEN POLITIKNYA.

2. Bahwa Hakim Zainab Bulkachuwa segera diberhentikan atau diskors dari jabatannya dan diselidiki atas bukti yang tidak adil ini atas kepentingan partisan dalam sidang pembunuhan, penyalahgunaan kekuasaan kehakiman dan korupsi kehakiman/pelanggaran kepercayaan moral, dll.

3. Bahwa Hakim Pengadilan Banding yang awalnya ditugaskan untuk memimpin Pengadilan Banding di Divisi Port Harcourt harus bebas untuk duduk dan mendengar masalah ini, termasuk beberapa orang lain sebelumnya.

4. Bahwa NJC dan Ketua Mahkamah Agung TIDAK mendukung kepentingan korup orang-orang seperti Hon. Hakim Zainab Bulkachuwa untuk menyia-nyiakan peradilan LAGI tetapi SEKARANG harus bangkit dan melakukan yang diperlukan yaitu mengambil tindakan disipliner segera terhadapnya untuk menjaga kredibilitas dan integritas peradilan.

6. Bahwa kami bergabung dengan organisasi lain dalam advokasi ini untuk MENOLAK Panel ini dan secara hukum tidak berhenti untuk menghentikan panel ini oleh Hakim Zainab Bulkachuwa, yang tidak lain adalah akhir politik dari krisis kekerasan yang dapat dihindari di negara bagian Rivers untuk menyebabkan, bukan untuk berhenti.

Dalam segala hal, keadilan tidak hanya harus dilakukan, tetapi memang harus terlihat telah dilakukan.

Terima kasih, karena kami menunggu intervensi segera Anda dalam masalah mendesak ini.

Mendaftar untuk: KELOMPOK INTEGRITAS:

Wechie Livingstone
Direktur Eksekutif

Mesakh Uyi
Wali

Minikwu Samuel
Wali


Result SGP

By gacor88