Restrukturisasi Nigeria: Osinbajo mungkin berada di bawah tekanan – Afenifere

Organisasi sosial-politik pan-Yoruba, Afenifere, memiliki Wakil Presiden, Prof. Yemi Osinbajo, SAN, disalahkan atas kritiknya baru-baru ini terhadap seruan restrukturisasi Nigeria, menekankan bahwa Wakil Presiden “mungkin berada di bawah tekanan” untuk mendukung “pemelihara status quo”.

Osinbajo menyatakan pada akhir pekan bahwa berbagai seruan untuk restrukturisasi negara tidak akan membuat perbedaan, menegaskan bahwa Nigeria membutuhkan diversifikasi ekonomi dan bukan restrukturisasi karena pemerintah federal mengontrol sebagian besar sumber daya.

Tapi Afenifere, dalam pernyataan yang dikeluarkan kemarin oleh Sekretaris Publisitas Nasionalnya, Yinka Odumakin, menyesalkan bahwa komentar anti-restrukturisasi terbaru datang dari Osinbajo, yang berasal dari Barat Daya, yang selalu menekankan pentingnya restrukturisasi Nigeria.

Pernyataan itu berbunyi: “Ya, ada minoritas yang bersikeras agar kami terus seperti ini, seperti pengurus beberapa kerajaan yang telah menghilang dari peta dunia.

“Wakil Presiden bebas untuk menentukan pilihannya dengan kelompok ini, bahkan ketika diam bisa menjadi emas, tapi dia setidaknya harus mencoba untuk memperkenalkan diri dengan isu-isu sehingga orang tidak bertanya-tanya ‘apa yang kita bicarakan dan apa yang katanya? .

Oleh karena itu, Afenifere menasihati orang-orang yang mencari jabatan tinggi untuk memastikan bahwa mereka tidak jauh dari isu-isu yang membentuk lingkungan politik mereka dan memperhatikan pendidikan kewarganegaraan.

Dikatakan: “Wakil presiden dengan kecerobohan juga berpendapat bahwa jika negara bagian diberi setengah dari sumber daya pemerintah federal, itu tidak akan membuat perbedaan dan yang kita butuhkan hanyalah melakukan diversifikasi dalam pertanian.

“Sementara kami memahami bahwa profesor terpelajar, yang berasal dari zona yang paling keras dalam panggilan ini, mungkin berada di bawah tekanan untuk memberikan suaranya kepada para pemelihara status quo yang membawa Nigeria ke langkah yang menyedihkan ini, kami ingin dengan hormat tegur dia untuk memastikan tentang subjek sebelum dia berbicara lain kali.

“Dia melewatkan seluruh perdebatan dengan terlibat dalam argumen reduksionis, yang membatasi keseluruhan masalah untuk mengambil lebih banyak uang dari pemerintah federal ke negara bagian. Ya, federalisme fiskal adalah bagian dari argumen, tetapi masalahnya melampaui komite alokasi federal bulanan.”

Odumakin berpendapat bahwa inti utama restrukturisasi Nigeria adalah kembali ke praktik federalisme sejati di mana sumber daya mineral yang melimpah di semua negara bagian akan dibebaskan dari daftar eksklusif sehingga negara bagian akan mencapai kemakmuran.

Dia mengatakan ini akan membebaskan negara bagian dari “melapor ke kantor Osinbajo untuk menyelamatkan sebuah pusat yang hanya berada di sudut-sudut yang menjadi milik negara bagian.”

Afenifere mengatakan bahwa selain sumber daya, negara diganggu oleh kejahatan sementara sistem kepolisian tunggal yang ada saat ini tidak mampu menangani situasi tersebut.

Itu berlanjut: “Ketika Anda mendengarkan komisaris polisi mengeluh tentang TKP akhir-akhir ini, Anda akan mengira mereka adalah bagian dari orang yang lewat yang ketakutan oleh kengerian kejahatan. Jelas bahwa kita membutuhkan pemolisian multi-aspek untuk memberantas kejahatan dan memiliki pemolisian yang efektif.

“Dari federal, hingga pemerintah negara bagian dan lokal, kami terjebak dengan birokrasi yang membengkak yang menghabiskan sebanyak 90 persen sumber daya yang tersedia dengan sedikit atau tidak ada lagi yang tersisa untuk pembangunan. Kami perlu membahas berapa lama kami ingin bepergian dengan budaya limbah ini dan untuk melihat apakah kami dapat memberikan pengelolaan yang lebih baik dengan arsitektur yang dapat dikelola.

“Masalah diversifikasi adalah poin yang telah dieksplorasi oleh para pendukung restrukturisasi karena tidak masuk akal bagi negara dengan sumber daya sebesar Nigeria untuk bergantung pada ekonomi produk tunggal. Ini adalah bagian dari restrukturisasi yang sedang kita bicarakan dan bukan alternatif untuk itu.”


slot gacor hari ini

By gacor88