Saya siap membahas pembebasan gadis Chibok dengan Boko Haram – Buhari

Presiden Muhammadu Buhari telah menegaskan kembali kesiapan Pemerintah Federal untuk membahas pembebasan gadis-gadis Chibok yang diculik oleh kelompok teroris Boko Haram sejak 2014.

Dalam sebuah wawancara dengan wartawan di Nairobi, Kenya pada akhir pekan, Presiden Buhari mengatakan pemerintah Nigeria siap berbicara dengan para pemimpin bonafide dari kelompok teroris yang mengetahui keberadaan gadis-gadis itu.

”Saya membuat beberapa komentar tentang gadis-gadis Chibok dan menurut saya banyak yang dipolitisasi.

”Apa yang kami katakan adalah bahwa pemerintah yang saya pimpin bersedia berbicara dengan para pemimpin Boko Haram yang bonafide.

“Jika mereka tidak ingin berbicara dengan kami secara langsung, biarkan mereka memilih organisasi non-pemerintah (LSM) yang diakui secara internasional, yakinkan mereka bahwa mereka menahan gadis-gadis itu dan mereka ingin Nigeria menahan sejumlah pemimpin Boko Haram agar dibebaskan. , apa yang seharusnya mereka ketahui.

”Jika mereka melakukannya melalui ‘perubahan kepemimpinan’ Boko Haram dan mereka berbicara dengan sebuah LSM yang diakui secara internasional, Nigeria akan bersedia berdiskusi untuk pembebasan mereka,” katanya.

Presiden Buhari, yang berbicara kepada media di sela-sela Konferensi Internasional Tokyo tentang Pembangunan Afrika keenam (TICAD VI), memperingatkan bahwa Pemerintah Federal tidak akan membuang waktu dan sumber daya dengan “sumber yang meragukan” yang mengklaim mengetahui keberadaan gadis-gadis itu. .

”Kami ingin gadis-gadis itu keluar dan aman. Semakin cepat kami dapat memulihkan mereka dan menyerahkannya kepada orang tua mereka, semakin baik bagi kami.”

Presiden menyatakan bahwa kelompok teroris, yang telah berjanji setia kepada ISIS, sebagian besar telah dihancurkan oleh militer Nigeria yang gagah berani dengan dukungan dari tetangga dekat Chad, Kamerun, Niger dan Benin.

“Beberapa informasi tentang perpecahan di Boko Haram sudah ada di media dan saya membaca di surat kabar tentang konflik dalam kepemimpinan mereka.

“Orang yang dikenal di Nigeria sebagai pemimpin mereka, kami mengerti, diberantas dan anggota Boko Haram Nigeria mulai beralih ke tentara Nigeria.

”Kami mengetahui bahwa dia terluka dalam serangan udara oleh Angkatan Udara Nigeria. Memang, hierarki atas dan kader bawah mereka bermasalah dan kami tahu itu karena ketika kami berkuasa, mereka memegang 14 dari 774 pemerintah daerah di Nigeria. Tapi sekarang mereka tidak memiliki wilayah dan terpecah menjadi kelompok-kelompok kecil yang menyerang sasaran empuk,” tambahnya.

Mengenai militansi di wilayah Delta Niger, presiden mengatakan bahwa pemerintah federal juga terbuka untuk berdialog guna menyelesaikan semua konflik isu di wilayah tersebut.

”Kami tidak percaya bahwa mereka (militan) telah mengumumkan gencatan senjata. Kami mencoba untuk lebih memahami mereka. Siapa pemimpin mereka dan di bidang apa mereka beroperasi dan isu-isu lain yang relevan,” katanya.


Result SGP

By gacor88