Sekarang nyatakan keadaan darurat atas penculikan – Perwakilan memberitahu Buhari

Pemerintah Federal yang dipimpin Presiden Muhammadu Buhari telah didesak untuk segera mengadakan pertemuan puncak keamanan yang akan mencakup semua badan keamanan, semua penyedia layanan GSM dan komite tetap yang relevan di Majelis Nasional untuk mengumumkan keadaan darurat atas penculikan di Nigeria.

Dalam mosi yang disponsori oleh Hon. Babatunde Gabriel Kolawole mewakili Konstituensi Federal Akoko Tenggara/Barat Daya Negara Bagian Ondo di lantai Dewan Perwakilan Rakyat pada hari Rabu; dan diperbantukan oleh Hon. Diri Douye dari daerah pemilihan federal Yenagoa/Okpokuma di Negara Bagian Bayelsa; DPR mendesak Pemerintah Federal untuk berkolaborasi dengan lembaga terkait untuk melakukan respons yang efektif terhadap fenomena penculikan di negara tersebut.

DPR mencatat bahwa dalam 10 tahun terakhir, kejadian penculikan untuk mendapatkan uang tebusan di negara tersebut telah meningkat ke tingkat yang sangat mengkhawatirkan dan telah mencapai titik di mana tidak ada seorang pun yang aman.

Dalam kontribusinya, anggota yang mewakili Konstituensi Federal Buruku Negara Bagian Benue, Hon. Orker Jev Orker menceritakan bagaimana ibunya diculik beberapa tahun yang lalu dan dia menghubungi petugas polisi divisi dan komandan area yang bertanggung jawab atas zona tersebut, namun mereka tidak dapat membantu menyelamatkan ibunya.

“Juga seminggu setelah ibu saya dibebaskan, saya mendapat telepon dari seseorang yang mengaku sebagai orang yang menculik ibu saya. Saya bertanya kepadanya apa yang dia inginkan dan dia berkata dia ingin kami menjadi teman. Saya meneruskan nomor teleponnya ke agen keamanan, tapi tidak ada tindakan apa pun,” kata Mr. Orc menambahkan.

Saat berkontribusi dalam debat, anggota yang mewakili Konstituensi Federal Kachina/Kagarko Negara Bagian Kaduna, Hon. Jagabam Adams Jagabam menceritakan kisah lucu di mana seorang pria baru-baru ini diculik di negara bagian Kaduna dan dibebaskan atas dasar pengakuan pribadi.

Menurutnya, “para penculik menahannya selama berhari-hari dan karena tidak ada seorang pun yang bersedia membayar uang tebusan sebesar N1,5 juta, mereka memutuskan untuk melepaskannya dengan syarat pengakuan tetapi dengan tegas memperingatkan dia untuk bersatu dan memberi mereka sesuatu untuk dibawa.

“Pria itu kemudian menjual sebagian propertinya dan memberikan uang tebusan kepada para penculik setelah beberapa hari.”

DPR juga bergantian menyebutkan nama-nama korban penculikan di Nigeria dalam beberapa waktu terakhir, yang menonjol di antaranya adalah penculikan anggota DPR dari Negara Bagian Katsina, Hon. Sani Bello Mashi dan asistennya yang diculik pada bulan Agustus tahun ini di desa Goburawa di Negara Bagian Kaduna dalam perjalanan dari pertanian.

Yang lainnya termasuk ayah angkat Dr. Goodluck Ebele Jonathan, Inengite Nitabai berusia 72 tahun yang diculik di Otuoke pada 16 Februari 2016; Margaret Emefile, istri Gubernur CBN yang diculik pada 29 September 2016 dan 3 siswi SMP Babington Macaulay, Ikorodu yang diculik pada Februari tahun ini.

DPR secara khusus prihatin bahwa tren ini berdampak pada potensi pariwisata dan investasi di “Nigeria, yang kini dianggap sebagai ibu kota penculikan dunia, yang telah meningkat dari 475 kasus yang dilaporkan pada tahun 2011, 500 pada tahun 2012 menjadi lebih dari 1.500 kasus setiap tahunnya. “


Data SGP

By gacor88