SERAP menginstruksikan Pemerintah Federal untuk mengadili Patience Jonathan

Proyek Hak dan Akuntabilitas Sosial-Ekonomi, SERAP, memiliki Jaksa Agung Federasi, AGF, dan Menteri Kehakiman, Tn. Abubakar Malami, SAN, meminta untuk segera melembagakan dan melakukan proses pidana terhadap Nyonya Dame Patience Jonathan atas dugaan kekayaan $15 juta yang tidak dapat dijelaskan yang dibekukan di rekening empat perusahaan.

Ini mengarahkan AGF untuk bertindak sebagai pembela kepentingan umum dengan menjalankan kekuasaannya berdasarkan Pasal 174(1) Konstitusi Nigeria 1999, sebagaimana telah diubah.

Organisasi tersebut dalam sebuah surat tertanggal 13 September 2016 dan ditandatangani oleh direktur eksekutifnya, Adetokunbo Mumuni, meminta Malami untuk “mengambil langkah ini dalam waktu 7 hari sejak diterimanya dan/atau diterbitkannya surat ini, jika tidak SERAP akan mengambil langkah hukum ke memaksa pemenuhan kewajiban konstitusional dalam hal ini.”

Dikatakan bahwa, “Nyonya Jonathan adalah orang yang terpapar secara politik di bawah standar anti-korupsi. Dia juga tercakup dalam definisi ‘pejabat publik’ yang terkandung dalam Konvensi PBB Menentang Korupsi di mana Nigeria adalah negara pihak. Menurut Pasal 2 dari konvensi tersebut termasuk pejabat publik Nyonya Jonathan atau anggota keluarga mantan Presiden Goodluck Jonathan lainnya yang melakukan tugas resmi selama dia menjadi Presiden.

Surat itu berbunyi sebagian: “Menurut pasal 2” untuk tujuan langkah-langkah spesifik tertentu yang terkandung dalam bab II Konvensi ini, “pejabat publik” dapat berarti setiap orang yang menjalankan fungsi publik atau memberikan layanan publik.

“Oleh karena itu, pasal 2 menjelaskan dengan sangat jelas bahwa setiap orang, seperti Nyonya Jonathan yang menjalankan fungsi publik, yang dipercayakan dengan tugas publik, atau kepada siapa fungsi publik ditugaskan, adalah pejabat publik, terlepas dari apakah mereka dipilih atau diangkat. , dibayar. atau tidak berbayar.

“Dalam konteks ini, karakter dari tugas yang dilakukan oleh Ibu Jonathan selama suaminya adalah presiden yang menjadi pertimbangan utama karena dia memegang posisi kepercayaan berdasarkan kinerja fungsi atau layanan publik. Selain itu, diharapkan tugas atau layanan publik tersebut akan dilakukan olehnya dengan itikad baik.” “Berdasarkan Pasal 20 konvensi, pemerintah ini memiliki kewajiban untuk menuntut pengayaan terlarang yang disengaja, yaitu, peningkatan yang signifikan dalam aset pejabat publik yang tidak dapat dia jelaskan secara wajar sehubungan dengan pendapatannya yang sah.

“Fakta bahwa $15 juta yang ditemukan di empat rekening milik Nyonya Jonathan menimbulkan kecurigaan serius atau setidaknya kasus prima facie dari kekayaan yang tidak dapat dijelaskan/pengayaan ilegal, dan membebankan kewajiban pada Nyonya Jonathan untuk mengidentifikasi sumber untuk menjelaskan dan membenarkan ( s ) sebesar $15 juta.

“Jika dia tidak dapat membenarkan, menjelaskan, atau memberikan bukti yang menunjukkan asal sah dari $15 juta, SERAP mendorong Anda untuk mengambil langkah segera untuk menyita aset di bawah prosedur hukum yang sesuai, dan untuk melakukan tuntutan pidana atas kekayaan yang tidak diumumkan di pengadilan. kasus.

“Demikian pula, bagian 44 dari Undang-Undang Praktik Korupsi dan Pelanggaran Terkait mengkriminalisasi kekayaan yang tidak dapat dijelaskan atau ilegal dan mengizinkan hukuman pidana dan penyitaan jika, dalam penyelidikan, ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa pelanggaran korupsi telah dilakukan, yaitu , kegagalan untuk menjelaskan asal-usul $15 juta yang diberikan kompensasi saat ini atau sebelumnya, dan keadaan relevan lainnya.

“SERAP mencatat bahwa Ibu Jonathan telah mengakui bahwa keempat akun tersebut adalah miliknya dan bahwa dia adalah satu-satunya penandatangan akun tersebut. Empat rekening di mana Nyonya Jonathan menyetorkan $15 juta milik perusahaan berikut: Pluto Property and Investment Company Limited, Seagate Property Development and Investment Company Limited, Trans Ocean Property and Investment Company Limited dan Globus Integrated Service Limited. Nyonya Jonathan diberi kartu platinum dan akses eksklusif ke rekening.

“Menurut laporan, seorang pembantu rumah tangga, manajer, dan pembantu rumah tangga lainnya dari mantan Penasihat Khusus Dalam Negeri untuk mantan Presiden Goodluck Jonathan, Waripamowei Dudafa, telah diangkat sebagai direktur.

“Melanjutkan penuntutan dalam kasus ini akan membantu memberikan ganti rugi yang memadai, yang dapat berupa restitusi, kompensasi, kepuasan atau jaminan tidak terulangnya korban korupsi yang terus ditolak haknya atas pemulihan yang efektif. Ini juga akan mengirimkan pesan yang jelas bahwa kasus kekayaan yang tidak dapat dijelaskan atau pengayaan yang tidak sah yang melibatkan orang-orang yang terpapar secara politik tidak akan dibiarkan begitu saja.

“Penggunaan kejahatan pengayaan terlarang diperlukan untuk setiap gerakan anti-korupsi, dan alat yang diterima dalam perang global melawan korupsi. Ini juga akan meningkatkan kekuasaan pemerintah untuk memantau kekayaan dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam sektor publik. SERAP menganggap ini sebagai tanggapan yang proporsional dan terukur terhadap masalah korupsi yang merusak di negara ini. Dengan menargetkan keuntungan materi yang tidak dapat dijelaskan dari seorang pejabat, pelanggaran pengayaan secara tidak sah menjelaskan kepada pejabat publik bahwa jika mereka terlibat dalam perilaku korup, mereka akan kehilangan kekayaan yang diperoleh secara tidak sah dan masuk penjara.”


SGP hari Ini

By gacor88