Skandal  juta: EFCC memanggil asisten keamanan Patience Jonathan

Komisi Kejahatan Ekonomi dan Keuangan, EFCC, telah memanggil beberapa pejabat Departemen Pelayanan Negara, DSS, yang terkait dengan Dame Patience Jonathan, istri mantan Presiden Goodluck Jonathan, untuk diinterogasi.

Undangan tersebut merupakan bagian dari penyelidikan atas pembekuan $15 juta di empat rekening perusahaan milik Patience Jonathan.

Punch mengutip sumber yang mengatakan bahwa EFCC telah menulis DSS untuk memungkinkan para pejabat memenuhi undangan mereka.

Komisi mengklaim memiliki bukti bahwa pejabat DSS telah beberapa kali menyetor uang ke rekening Skye Bank antara tahun 2013 dan 2015.

Sumber tersebut mengatakan: “$15 juta yang kami bekukan di empat rekening perusahaan tidak segera disetorkan ke rekening tersebut. Uang itu dibayarkan ke rekening selama dua tahun.

“Namun, kami mempunyai bukti bahwa yang membayar uang tersebut adalah pejabat DSS yang terkait dengan istri Jonathan. Kami mengumpulkan dokumen bank dan mengundang mereka untuk diinterogasi.”

Tentang mengapa Patience tidak diundang oleh EFCC bahkan setelah dia secara terbuka mengklaim uang tersebut dan menantang lembaga antikorupsi untuk mengundangnya untuk diinterogasi, sumber lain mengatakan bahwa komisi tersebut sedang berusaha membangun kasus yang solid.

Sumber tersebut berkata: “Kami tidak ingin bertukar kata dengannya di halaman surat kabar. Dia mengatakan uang itu miliknya, tapi dia tidak punya bukti yang menunjukkan bahwa dia pemilik uang itu, selain fakta bahwa dia diberi kartu platinum untuk digunakan menarik uang.

“Memiliki kartu ATM dari rekening yang tidak mencantumkan nama, tanda tangan, atau kredensial Anda tidak memberi Anda hak hukum atas rekening tersebut. Kami telah membekukan rekening tersebut sebagai bagian dari penyelidikan kasus pencucian uang.

“Masih kami selidiki dan bisa kami undang berdasarkan hasil penyelidikan. Kami masih berusaha membangun kasus yang solid.”

EFCC menemukan empat rekening bank perusahaan di Skye Bank saat menyelidiki mantan Penasihat Khusus Jonathan untuk Urusan Dalam Negeri, Waripamowei Dudafa.

Nama keempat perusahaan tersebut adalah: Pluto Property and Investment Company Limited; Seagate Pengembangan Properti dan Perusahaan Investasi Terbatas; Perusahaan Properti dan Investasi Trans Ocean Limited; dan Layanan Terintegrasi Globus Terbatas. Saldo gabungan dari akun-akun tersebut, pada saat dibekukan, dikatakan sebesar $15.591.700.

Keempat perusahaan yang diadili di hadapan Pengadilan Tinggi Federal di Lagos telah mengaku bersalah melakukan pencucian uang.

Namun, istri Jonathan menuduh EFCC menunjuk tentara bayaran sebagai direktur perusahaan dalam upaya mencuri uang hasil jerih payahnya.


Keluaran SGP

By gacor88