Tayangan ulang 19 Maret: Gubernur Wike menolak politisasi kasus pembunuhan yang melibatkan kepala suku APC

Gubernur Negara Bagian Rivers, Nyesom Ezenwo Wike menggambarkan rencana yang disengaja untuk mempolitisasi peradilan dengan tujuan mendengarkan permohonan jaminan dari kepala suku Kongres Semua Progresif, APC, yang didakwa dengan dugaan pembunuhan selama pemilihan 19 Maret 2016. dalam keadaan berulang.

Gubernur menegaskan kembali keyakinannya pada peradilan untuk hidup di atas permainan politik yang menurutnya dimainkan oleh agen APC.

Gubernur Wike berbicara di Gedung Pemerintah, Port Harcourt pada hari Senin saat penyampaian laporan Komisi Penyelidikan Yudisial Monima Danagogo atas pembunuhan dan tindakan kekerasan lainnya/hal-hal terkait yang terjadi selama pemilihan ulang 19 Maret 2016 di Rivers Negara. meniadakan pembentukan panel khusus oleh Pengadilan Banding untuk mempertimbangkan banding oleh kepala suku APC yang diadili atas pembunuhan.

Gubernur menyatakan bahwa dia terkejut membaca di Koran Nasional tentang tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh Pengadilan Tinggi, menunjukkan bahwa tindakan tersebut merugikan supremasi hukum dan pemeliharaan hukum dan ketertiban di negara bagian.

Ia menyayangkan APC melalui agen-agennya telah mempolitisasi kejahatan.

Dia mencatat bahwa mantan Komisaris Polisi di Negara Bagian Rivers diinterogasi dan dipindahkan karena menuntut kepala suku APC yang terkenal itu ke pengadilan atas pembunuhan.

Dia berkata: “Saya baru saja membaca di koran hari ini bahwa mereka telah membentuk panel khusus untuk mendengarkan permohonan jaminan untuk kasus pembunuhan.

“Kami telah menangani kasus kriminal di pengadilan selama bertahun-tahun, tetapi untuk kasus pembunuhan sekarang, Rivers State telah menjadi negara tempat kejahatan dilakukan dan dipolitisasi.

“Lihatlah bagaimana politik telah masuk ke dalam kejahatan. Di mana Anda berada itu penting. Jika Anda tergabung dalam partai politik tertentu, panel khusus akan dibentuk untuk Anda. Mereka yakin yang bersangkutan adalah anggota APC dari pemerintah daerah di mana akan terjadi pengulangan.”

Gubernur melanjutkan dengan mengatakan: ‘Itu tidak lucu. Lalu Anda bertanya pada diri sendiri, jika ini terjadi, apa yang Anda katakan kepada orang yang berduka? Tidakkah Anda mengatakan kepada mereka untuk melakukan apapun yang mereka bisa untuk melihat bahwa mereka mendapatkan keadilan dari manapun?

“Kami prihatin dengan pemilihan ulang terakhir dan kami membentuk komisi penyelidikan yudisial untuk menyelidikinya guna mengetahui apa yang terjadi. Dengan asumsi bahwa rekomendasi telah dibuat untuk penuntutan mereka, mereka akan mengambil langkah-langkah untuk menggagalkan penuntutan tersebut.”

Ia mengatakan memiliki kemauan politik untuk melaksanakan rekomendasi Komisi Yudisial Penyelidikan.

Sebelumnya dalam sambutannya, Hakim Monima Danagogo menyatakan laporan itu dalam empat jilid untuk penyelenggaraan pemerintahan negara.


Pengeluaran SGP hari Ini

By gacor88