Universitas Maritim: IYC menghina Amaechi, menyebut Kachikwu layak menjadi putra Delta Niger

Dewan Pemuda Ijaw, IYC, Seluruh Dunia telah menjatuhkan hukuman mati kepada mantan Gubernur dan Menteri Transportasi Negara Bagian Rivers, Rotimi Amaechi atas komentar yang diberikan kepadanya mengenai pendirian Universitas Maritim, Okerenkoko, Negara Bagian Delta, yang komentarnya digambarkan sebagai anti-Delta Niger.

Namun kelompok tersebut memanggil Menteri Negara Sumber Daya Perminyakan, Dr. Ibeh Kachikwu, dipuji karena berdiri bersama masyarakat di kawasan Delta Niger dan mendukung pengembangan kawasan Delta Niger.

Ameachi tidak setuju dengan Kachikwu pada hari Senin selama pertemuan Balai Kota Pemerintah Federal di Uyo, ibu kota Negara Bagian Akwa Ibom. Amaechi membela keputusan pemerintahan Muhammadu Buhari untuk membatalkan proyek Universitas Maritim dengan alasan bahwa pemerintahan Goodluck Jonathan sebelumnya membayar terlalu banyak untuk memperoleh tanah untuk universitas tersebut.

Menggambarkan proyek tersebut sebagai “kesalahan penempatan prioritas”, katanya; “Argumen saya soal Okerenkoko, tanah saja harganya 13 miliar (naira). Jika Anda memberi saya 13 miliar, saya akan membeli setengah dari Lagos. 13 miliar itu sudah membangun universitas.”

Namun bertentangan dengan itu, Kachikwu berkata; “Pertama, izinkan saya mengatakan tentang Universitas Okerenkoko, saya tidak setuju dengan Menteri Perhubungan,” menambahkan bahwa “fasilitas apa pun yang terletak di Selatan-Selatan, kita harus bekerja sama untuk mengembangkannya. Saya memberikannya bukan karena dari keadaan di mana Anda ditempatkan.

“Bukan wewenang saya untuk menentukan apakah tanah itu bernilai 3 miliar atau 10 miliar. Institusi yang sesuai dengan sistem biaya akan menentukan hal ini. Ini tidak ada kaitannya dengan pembangunan infrastruktur. Dan sejauh yang saya tahu, sudah banyak yang masuk ke universitas.”

Menanggapi pernyataan yang dikeluarkan kemarin oleh juru bicaranya, Eric Omare, IYC mengatakan; “Kami mengecam keras posisi Rotimi Amaechi yang anti-Delta Niger dan memuji Menteri Sumber Daya Perminyakan, Mr. Ibe Kachikwu atas kebersamaannya dengan masyarakat kawasan Delta Niger dan mendukung pembangunan kawasan Delta Niger.

“Tuan Kachikwu telah dengan jelas menunjukkan kepada dunia bahwa dia adalah putra yang layak dan mewakili wilayah Delta Niger.”

Dikatakan bahwa komentar Amaechi tentang pengadaan tanah untuk pendirian Universitas Maritim, Okerenkoko, “sepenuhnya salah dan sengaja dibuat untuk membenarkan penolakannya yang tidak populer dan anti-Delta Niger terhadap pendirian Universitas Maritim.”

Menjelaskan bagaimana Universitas Maritim berdiri, IYC menyatakan bahwa lokasi permanen Universitas Maritim terletak di kota Okerenkoko di Kerajaan Gbaramatu, Kawasan Pemerintah Daerah Barat Daya Warri yang diperoleh dari komunitas Okerenkoko dengan nilai kurang dari N2 miliar naira terhadap dugaan tuntutan Menteri.

Omare menjelaskan bahwa Kementerian Transportasi Federal mendekati mantan komandan MEND, Gubernur Ekpemupolo, alias Tompolo, yang diduga memiliki sekolah menyelam di Kurutie, komunitas lain di Gbaramatu Kingodm, untuk memperoleh sekolah menyelam swastanya setelah dimulainya pekerjaan di sekolah permanen tersebut. tempat. digunakan sebagai tempat sementara Universitas Maritim.

IYC menekankan bahwa sekolah menyelam di Kurutue adalah sekolah yang sudah ada dengan fasilitas dan struktur modern yang dibangun sepenuhnya sebelum diakuisisi, dan mengatakan bahwa sebagai tanggapan atas permintaan Kementerian Perhubungan, Tompolo telah melakukan penilaian sendiri dan menghasilkan sekitar N15 miliar. . , sementara Kementerian Perhubungan juga melakukan penilaian sendiri dan menghasilkan N13 miliar.

Dikatakan bahwa sekolah menyelam yang telah selesai kemudian dijual ke Kementerian Transportasi Federal berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh kementerian.

Pernyataan itu berbunyi: “Oleh karena itu, ini merupakan kenakalan yang disengaja bagi Tuan. Amaechi, yang kini menjabat Menteri Perhubungan dan memiliki akses terhadap semua dokumen terkait untuk mengklaim tanah tersebut untuk Universitas Maritim.

“Tanah untuk universitas dibeli dengan harga kurang dari N2 miliar naira, bertentangan dengan perintah Tuan. klaim Amaechi.

“Itu adalah lokasi sementara, yang merupakan lahan yang dikembangkan sepenuhnya dengan struktur dan fasilitas kelas dunia yang diperoleh dengan nilai sekitar N13 miliar naira, yang sekali lagi jauh lebih kecil dari permintaan Ameachi sebesar N19 miliar naira.”

IYC menyatakan keterkejutannya karena Amaechi, yang menentang mantan Presiden Jonathan karena gagal mengembangkan kawasan Delta Niger, kini memimpin upaya untuk membatalkan kawasan Delta Niger pada pemerintahan saat ini.

Mereka juga mengecam penolakan Amaechi terhadap negosiasi sebagai jalan keluar dari militansi baru di wilayah Delta Niger, dan mengatakan sikapnya menunjukkan bahwa ia menentang keberhasilan pemerintahan Buhari.

“IYC mengetahui fakta bahwa beberapa pejabat tinggi federal dan ketua partai asal Delta Niger di pemerintahan Buhari seperti Amaechi yang menentang negosiasi sebagai jalan keluar dari krisis inilah yang menggagalkan upaya pemerintah untuk melibatkan para pemangku kepentingan di Delta Niger untuk mencapai tujuan mereka. negosiasi. “

Oleh karena itu kelompok tersebut meminta Buhari untuk sepenuhnya mengabaikan klaim Menteri Transportasi terhadap Universitas Maritim, Okerenkoko, serta penolakannya terhadap dialog mengenai militansi baru di wilayah Delta Niger, dan mengatakan bahwa posisi Amaechi tidak sesuai dengan kepentingan negara. pemerintah federal.


demo slot pragmatic

By gacor88