Wakil Presiden Osinbajo menentang regionalisme, presidensi bergilir

Wakil Presiden Nigeria, Prof. Yemi Osinbajo, Selasa, menegaskan kembali keyakinannya atas federalisme fiskal di negara tersebut.

Osinbajo, yang membuat pernyataan di acara TV langsung, juga menyerukan polisi negara bagian dan otonomi yang masuk akal untuk Amerika Serikat.

Namun, dia mendesak para agitator untuk merotasi kepresidenan untuk membatalkan gagasan itu.

Pandangannya ditangkap di bawah ini:

“Nigeria adalah konsep penting, ini hal besar, ada banyak masalah di sekitarnya. Misalnya, saya selalu sangat percaya pada federalisme fiskal, yaitu bahwa negara bagian harus memiliki lebih banyak sumber daya dan kami pergi ke Mahkamah Agung. Saya benar-benar pergi ke Mahkamah Agung sebagai Jaksa Agung Negara Bagian Lagos tidak kurang dari sepuluh kali untuk masalah federalisme fiskal.

“Faktanya, salah satu hal yang kami katakan saat itu adalah kami mencoba menyusun federalisme Nigeria melalui tindakan pengadilan. Kami pergi ke pengadilan beberapa kali. Misalnya dalam isu apakah negara memiliki hak atas otonomi tertentu, kami mendukung penuh dan mengatakan bahwa negara memiliki hak otonomi sehubungan dengan (mengenai) bahkan sumber daya mereka.

“PPN misalnya: kami percaya PPN harus menjadi urusan negara, pajak penjualan harus menjadi urusan negara. Saya sangat percaya akan hal itu dan kami selalu berjuang untuk masalah itu.

“Saya sangat percaya bahwa kita harus memiliki polisi negara bagian.

“Membagi Nigeria, kembali ke daerah dan semua hal semacam itu, saya tidak percaya sama sekali. Saya kira kita tidak perlu kembali ke daerah.

“Jadi, jika ada orang yang percaya bahwa kita harus merestrukturisasi diri kita sendiri berdasarkan garis etnis, saya tidak menerima bahwa ini adalah cara yang tepat. Jadi, ketika Anda mengatakan restrukturisasi, saya yakin bagi banyak dari kita ada aspek-aspek tertentu dari restrukturisasi ini yang mungkin Anda setujui atau tidak setujui.

“Tapi sebagai posisi umum, Nigeria harus selalu direkayasa ulang, kita harus terus melakukan restrukturisasi, rekayasa ulang.

“Misalnya, lihat (beberapa pertanyaan saat ini) hari ini, tentang apakah suatu negara harus menguasai sumber dayanya atau tidak. Ini poin yang bagus.

“Jelas negara bagian harus memiliki kontrol yang baik atas sumber daya mereka, tetapi kami harus setuju bagaimana Anda kemudian memastikan bahwa pemerintah federal itu sendiri berfungsi. Apakah Anda memerlukan pemerintah federal atau tidak Anda memerlukan pemerintah federal?

“Tapi untuk mengatakan restrukturisasi, saya yakin bahkan Mr. Otitoju, yang telah bekerja sangat erat dengan kami, akan setuju dengan saya, bahkan jika dia tidak setuju, saya tidak berpikir dia ingin Nigeria direstrukturisasi menurut garis etnis. Apakah ini restrukturisasi yang kita inginkan?”

BERBAGI KEKUATAN

“Apa yang kamu maksud dengan pembagian kekuasaan? Anda harus spesifik. Apakah itu rotasi kepresidenan? Setahu saya, pengaturan politik apa pun yang dibuat oleh partai politik, ke mana pun mereka ingin presiden pergi, harus diserahkan sepenuhnya kepada partai politik dan harus menjadi pengaturan politik.

“Tapi saya tidak percaya kita harus menulis dalam konstitusi kita bahwa harus ada… bahwa kepresidenan harus berpindah dari zona ke zona. Saya tidak berpikir itu harus menjadi masalah konstitusional. Saya pikir kita harus menyerahkannya kepada para pihak sendiri.

“Jika sebuah partai memutuskan bahwa kami menginginkan zonasi, itu urusan partai, biarlah. Tapi saya tidak berpikir kita harus menulisnya dalam konstitusi kita.

“Dan saya sangat yakin bahwa waktunya akan tiba ketika kita tidak lagi menekankan zona geopolitik dan Nigeria seperti itulah yang ingin saya lihat. Saya suka melihat Nigeria di mana kita semua dapat bekerja sama, di mana kita dapat tidak menekankan etnisitas, tidak menekankan zona geo-politik. Ini adalah jenis Nigeria yang ingin saya lihat.

“Saya percaya bahwa kadang-kadang kita, Anda tahu, menyibukkan diri dengan beberapa masalah ini, Anda tahu, tetapi mari kita lihat lebih dekat hari ini ketika kita memiliki masalah di negara ini.

“Apa pun masalah yang kita hadapi hari ini, kita memiliki masalah ekonomi yang serius. Apakah karena pengaturan geo-politik kita memiliki masalah ekonomi yang serius?

“Korupsi misalnya yang melumpuhkan Nigeria, apakah korupsi itu masalah geopolitik?

“Karena yang saya lihat, hanya dengan melihat berkas kasus, yang saya lihat adalah ketika ada korupsi di Nigeria, kasus korupsi apa pun, Anda akan menemukan karakter federal, setiap zona geopolitik terwakili.

“Jika seseorang mencuri hari ini, jika Anda menemukan seseorang yang mencuri $200 juta atau $2 miliar seperti yang kita lihat, Anda akan menemukan bahwa setiap orang terwakili. Anda akan menemukan pria Yoruba, pria Housa, pria dari Selatan Selatan, Anda akan menemukan pria Igbo. Ada representasi yang setara. Saya pikir kita juga harus mempertanyakan elit kita, elit Nigeria.”

REFORMASI KONSTITUSI

“Izinkan saya mengatakan bahwa Anda tahu, sehubungan dengan reformasi konstitusi, saya adalah orang yang terus-menerus meninjau konstitusi kita, terutama karena banyak kesalahan dalam konstitusi. Ada banyak masalah berbeda, banyak masalah berbeda.

“Saya percaya bahwa kita harus terus melihat konstitusi dan mencari cara untuk mengubahnya, kita tidak boleh menghindar dari amandemen konstitusi atau merevisi konstitusi kita, tetapi yang saya lawan adalah sesuatu yang tidak jelas.

Anda tahu misalnya, jika Anda melihat konstitusi kita, ada orang mengatakan itu bukan konstitusi kita karena tidak berasal dari rakyat. Sebagian besar konstitusi seperti yang Anda lihat di seluruh dunia biasanya berasal dari elit. Para elit bersama-sama menyusun seperangkat aturan dan peraturan, dan semua orang menerimanya. Ada sangat sedikit tempat di mana bahkan seorang pria di jalan tidak memahami setengah dari apa yang Anda katakan dalam dokumen konstitusional.

“Jadi yang harus dilakukan elit dan wakil kita adalah memberikan yang terbaik untuk rakyat yang akan menjamin kesejahteraan, keselamatan sebagian besar rakyat. Ini adalah tanggung jawab elit.

“Saya seorang pengacara konstitusi, saya tahu tentang konstitusi, secara umum, berapa banyak orang yang terlibat? Bahkan jika Anda melakukan referendum, Anda tidak dapat melakukan ya atau tidak pada dokumen konstitusional.

POLISI NEGARA

“Kami terus melakukan advokasi untuk kepolisian negara bagian. Saya masih mengadvokasi polisi negara bagian, saya sangat yakin bahwa kita harus memiliki polisi negara bagian… Perpolisian masyarakat, kita tidak dapat mencapainya tanpa amandemen konstitusi. Jadi saya sangat yakin bahwa kita harus memiliki kepolisian komunitas.”

YURISDIKSI ANGKATAN

“Itu pasti sesuatu yang ingin saya lihat – yurisdiksi banding pengadilan. Banding sela itu harus berhenti di pengadilan banding. Jadi Anda tidak memiliki seseorang karena dia ingin menunda kasus untuk dilanjutkan, dengan mengajukan banding ke Mahkamah Agung.


slot gacor hari ini

By gacor88