Wike mengancam akan menarik pemakaman kenegaraan untuk Elechi Amadi karena ‘politisasi’

Gubernur Nyesom Wike of Rivers telah memperingatkan terhadap politisasi Kapten. Pemakaman Elechi Amadi.

Hal itu tertuang dalam keterangan Simeon Nwakaudu, Asisten Khusus Gubernur Bidang Media Elektronik, Selasa di Abuja.

Menurut pernyataan tersebut, Wike mengatakan ikon Sastra Mendiang layak mendapatkan penguburan yang layak atas kontribusinya terhadap pembangunan negara, Nigeria, dan kemanusiaan.

Gubernur meresmikan Komite Pemakaman Negara untuk pemakaman di Gedung Pemerintah, Port Harcourt.

Selama peresmian, Wike mendesak keluarga untuk bekerja sama dengan panitia untuk memastikan bahwa mendiang ikon sastra mendapatkan penguburan yang layak.

Dia memperingatkan terhadap politisasi pemakaman, menambahkan bahwa pemerintah negara bagian tidak akan bertengkar dengan kelompok mana pun tentang siapa yang harus mengatur pemakaman.

Dia berkata: “Jika keluarga tidak ingin pemerintah Negara Bagian Rivers berpartisipasi dalam penguburan, mereka harus mengumumkan posisi mereka.”

Wike mengatakan komite dibentuk setelah konsultasi luas dengan para pemangku kepentingan, untuk menyatukan setiap kelompok, menambahkan bahwa komite dapat mengkooptasi lebih banyak anggota sesuai kebutuhan.

Dia mendesak panitia untuk memastikan bahwa penguburan dilakukan pada tahun 2016 dan sekali lagi negara harus berperan dalam tanggal penguburan.

Sebagai tanggapan, Ketua Panitia, Mr Frank Ohwor, meyakinkan gubernur bahwa anggota panitia akan bekerja untuk penguburan yang sesuai untuk ikon sastra tersebut.

Kantor Berita Nigeria (NAN) melaporkan bahwa yang dilantik oleh gubernur, Bapak Frank Owhor, adalah ketua; Mr David Briggs, Sekretaris dan Mr Paul Wonodi, Wakil Ketua.

Mr Monday Mgbor, Mr Hope Ikiriko, Mr Chris Orji dan ketua, Area Pemerintah Daerah Ikwerre juga menjadi anggota panitia.

Lainnya termasuk Henry Wordu, Dr Preye Elechi Amadi, Mr Carl Amadi, Mr Azubuike Elechi-Amadi, Prof SC Achinewhu, Mr Ben Ugo dan Mr V. Amadi.

NAN melaporkan bahwa mendiang Elechi Amadi lahir pada 12 Mei 1934 dan merupakan seorang penulis Nigeria yang menulis lima novel Afrika – The Concubine, The Great Ponds, The Slave, Isiburu dan Estrangement.

Lahir di Aluu di Wilayah Sungai Pemerintah Daerah Ikwerre, dia kuliah di Perguruan Tinggi Negeri Umuahia dan Universitas Ibadan di mana dia memperoleh gelar di bidang Fisika dan
Matematika.

Novel-novel Amadi umumnya membahas tentang kehidupan desa, adat istiadat, kepercayaan, dan praktik keagamaan Afrika, karena semuanya terjadi sebelum kontak dengan dunia Barat.

Elechi meninggal pada 29 Juni di Rumah Sakit Spesialis Jantung Baik, Port Harcourt.(NAN)


SGP Prize

By gacor88